Diterpa Isu Mahal dan Kristenisasi, Ini Tanggapan Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung


Lifestyle / Rabu, Oktober 25th, 2017
Sekolah-Tunas-Mekar-Indonesia-Bandarlampung

 

Sekolah-Tunas-Mekar-Indonesia-Bandarlampung

 

Keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Di sanalah karakter anak terbentuk dan kemudian berkembang melalui jenjang pendidikan formal. Namun risiko berubahnya karakter anak pada masa perkembangannya tidak dapat dipungkiri. Sekolah menjadi tempat yang sangat rawan dalam hal ini. Maka memilah sekolah untuk pendidikan formal anak-anak menjadi sangat penting.
Sekolah Tunas Mekar Indonesia menawarkan sistem pendidikan yang tidak biasa. Salah satu sekolah swasta di Bandarlampung ini menyorot perhatian masyarakat, terlebih dengan adanya label ‘sekolah mahal’ dan isu kristenisasi. Benarkah?
Alamat Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung
 
Sekolah Tunas Mekar Indonesia memiliki jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA. Sekolah Tunas Mekar Indonesia khususnya gedung Sekolah Dasar atau Elementari School berada di Jalan Arif Rahman Hakim No. 36, Way Halim, Bandarlampung. Gedung SMP dan SMA berada di sebelahnya. Sedangkan Taman Kanak-Kanak Sekolah Tunas Mekar Indonesia (Early Childhood Centre) berada di Jalan K.H Ahmad Dahlan No.4, Pahoman, Bandarlampung.

Fasilitas Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung

Fasilitas yang disuguhkan oleh Sekolah Tunas Mekar Indonesia terbilang lengkap, antara lain :
  1. Sekolah Tunas Mekar Indonesia memiliki kelas-kelas yang nyaman dan full AC sebagai tempat belajar siswa-siswinya.
  2. Laboraturium Komputer
  3. Lapangan Olahraga yang luas
  4. Kantin Sehat dan Aman
  5. Kolam Renang
  6. Musholla
  7. Pusat Informasi, dan masih
    banyak lagi.

 

 

 

Selain fasilitas di atas, Sekolah Tunas Mekar Indonesia juga mempunyai guru-guru yang kompeten di bidangnya. Mata pelajarannya pun sangat bervariasi. Mulai dari mata pelajaran umum seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa
Inggris, Bahasa Indonesia, di sana juga disediakan jam pelajaran khusus untuk mengembangkan minat dan bakat masing-masing anak.
Antara lain, Kelas Musik, Kelas Kesenian Dan Budaya Lampung, Kelas Bahasa Arab, Kelas Bahasa Jerman, dan lain sebagainya. Anak-anak diberi kebebasan dalam memilih kelas yang disukai, pihak sekolah pun memberi arahan sesuai minat dan bakat anak muridnya.
Perhatian guru kelas dan mata pelajaran tidak hanya di lingkup pelajaran, tetapi guru-guru juga dituntut dapat memahami anak didiknya secara psikologis. Sekolah Tunas Mekar Indonesia juga menerima Anak  Berkebutuhan Khusus (ABK). Guru-guru memiliki metode khusus dalam menangani ABK. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir dengan maraknya diskriminasi atau bahkan bullying.

Kurikulum dan Pola Ajar Sekolah Tunas Mekar Indonesia
Bandarlampung

Sekolah Tunas Mekar Indonesia dikenal sebagai sekolah milik Kak Seto. Pihak sekolah meluruskan asumsi tersebut. Ia berkata bahwa Sekolah Tunas Mekar Indonesia bukan milik Kak Seto ataupun dalam pengawasan Beliau, hanya saja beberapa tahun yang lalu Sekolah Tunas Mekar Indonesia pernah mengadopsi kurikulum milik Kak Seto, itupun hanya berlangsung selama 5 tahun. Tetapi pihak sekolah malah merasa beruntung jika masyarakat masih mengaitkan dengan Kak Seto, karena hal itu akan menambah kepercayaan masyarakat.
 
Sekolah Tunas Mekar Indonesia memiliki pola ajar yang unik, seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Selain fokus pada prestasi akademik, Sekolah Tunas Mekar Indonesia juga mengutamakan pengembangan minat dan bakat.
Bukan pemandangan yang asing lagi jika ada guru yang mengajar perkalian sambil bermain gitar atau mengerjakan soal-soal latihan dengan diiringi musik klasik milik Mozart dan Bethoven. Anak-anak terlihat sangat menikmati proses belajar seperti itu.
Sekolah-Tunas-Mekar-Indonesia-Bandarlampung
Menjawab isu kristenisasi, pihak sekolah mengaku pernah resah dengan adanya isu tersebut. Tetapi itu tidak berlangsung lama. Pihak Sekolah Tunas Mekar Indonesia dengan sigap menjawab dan membantah adanya isu
tersebut dengan gamblang.
Dalam seminggu (Senin – Jum’at) ada 4 jam pelajaran yang diberikan untuk pendalaman ilmu agama. Anak didik dikelompokkan sesuai dengan agama yang dianutnya dan melakukan proses belajar pada kelas-kelas yang sudah ditentukan. 2 jam pelajaran untuk ilmu agama, 2 jam pelajaran lagi untuk pendalaman kitab agamanya masing-masing.
Selain itu, pihak Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung juga mengupayakan agar anak-anak memiliki toleransi beragama dan saling menghormati agama teman-temannya. Untuk itu, pihak sekolah rutin melakukan study tour ke tempat-tempat ibadah di Bandarlampung. Pada proses study tour tersebut, anak-anak diberi penjelasan tentang tempat ibadah apa dan siapa yang boleh memakai tempat ibadah tersebut.
Dengan upaya tersebut, berangsur-angsur isu kristenisasi hilang. Bahkan anak didik mampu menjelaskan ke orang tua mereka tentang agama yang dianut teman-temannya dan tempat ibadah mereka.

Ini Biaya Pendaftaran Sekolah Tunas Mekar Indonesia
Bandarlampung

Mahal dan murahnya biaya pendidikan itu relatif. Namun yang perlu diingat adalah pendidikan akan menentukan masa depan anak yang berharga.
Keterangan :
DPP : biaya masuk atau yang biasa disebut biaya pembangunan.
SPP : biaya perbulan
Annual Activity & Events : biaya kegiatan selama setahun
Biaya tersebut tentu tidak mahal jika fasilitas yang ada di Sekolah Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung lengkap dan tidak mengecewakan.