Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018: Ada Yang Perlu Dibangun Selain Infrastruktur


Blogging, Lifestyle / Sabtu, Desember 2nd, 2017
Asian Games 2018
sumber: google
Pelatihan-Menulis
@desylisthianaa

Asian Games merupakan ajang olahraga bergengsi dan terbesar se-Asia. Acara ini diadakan setiap empat tahun sekali. Pada perhelatan Asian Games 2018 mendatang, Indonesia terpilih kembali sebagai tuan rumah setelah 55 tahun berlalu.

Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 di Jakarta. Barang tentu hal ini menjadi kebanggan bagi Indonesia. Karena terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 melalui perjalanan panjang. Setelah Vietnam yang mengundurkan diri, Indonesia disandingkan dengan Negara-negara maju seperti China dan Emirat Arab.

Rasa Bangga dan Optimis Terhadap Indonesia

Selain bangga dengan Indonesia yang mampu bersaing dengan Negara-negara Asia lainnya, kita juga patut optimis. Optimis bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik, ramah, damai, dan berdedikasi.
Optimis bahwa Indonesia akan semakin dikenal luas di Asia, berupa kekayaan budaya, suku, dan bahasa. Serta kekayaan bahari, flora, dan fauna.

Sebagai seorang mahasiswa, penyuka sastra, dan pegiat literasi di Kota Bandarlampung, saya berkomitmen untuk selalu memupuk rasa bangga dan optimis terhadap Indonesia. Indonesia memiliki keberagaman yang begitu nyata, serta ideologi yang begitu kuat.

Saya menyadari betul bahwa semangat juang, rasa bangga, dan optimisme pada bangsa ini dapat diciptakan dari semangat membangun. Bukan hanya membangun infrastruktur yang kini sedang gencar dilakukan. Demi menyambut Asian Games, pemerataan ekonomi ke daerah-daerah, dan lain sebagainya.

Namun, ada pembangunan yang harus segera dilakukan. Dan saya rasa lebih utama dari membangun infrastruktur, yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

membaca-dimana-saja

taman-baca-masyarakat-lampung
Taman Baca Masyarakat FLP Lampung
taman-baca
Taman Baca Masyarakat FLP Lampung

Membangun Sumber Daya Manusia disamping Membangun Infrastruktur

Segala kekayaan yang dimiliki Indonesia saat ini, bisa hilang dan habis begitu saja. Jika tidak diimbangi dengan pembangunan SDM yang dibekali ilmu dan rasa cinta terhadap Indonesia.

Pembangunan SDM harus dimulai dari segala aspek. Tidak akan sulit menjangkau semua aspek yang akan dibangun, jika setiap orang fokus membangun dirinya dan lingkungannya dengan bidang yang ia kuasai.

Sebagai penyuka sastra dan pegiat literasi, saya akan berkomitmen untuk bangga dan optimis terhadap Indonesia dengan cara menumbuhkan minat baca dan tulis di semua kalangan dan profesi. Baik itu anak-anak, remaja, sampai dewasa. Baik sebagai pelajar, guru, dosen, pedagang, dan sebagainya.

cara-menulis-cerpen-puisi
@desylisthianaa

“Tidak ada bangsa yang besar tanpa membaca”, begitu kira-kira slogan yang sering saya dengar. Mengapa membaca begitu besar pengaruhnya terhadap perkembangan suatu bangsa? Sebab membaca akan membuka cakrawala ilmu pengetahuan, membaca membuat seseorang memiliki tingkat kewarasan yang baik. Tentu saja hal itu diimbangi dengan bahan bacaan yang baik pula.

Selain memiliki bahan bacaan yang baik, bahan bacaan tersebut harus disebarkan secara merata, artinya bisa menjangkau daerah-daerah terpencil.

Kaitannya dengan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 adalah selain harus mampu menyediakan fasilitas yang baik, seperti alat transportasi, fasilitas hotel dan penginapan yang memadai, Indonesia juga harus bisa menjamin keamanan dan kenyamanan tamunya.

Jangan sampai ada kericuhan atau bahkan tindak kekerasan. Jangan sampai ‘tingkat kewarasan’ masyarakat Indonesia menurun sehingga mengganggu keamanan dan kenyamanan tetamu undangan. Di sinilah peran membaca dalam membangun SDM.

Asian Games ke 18 direncanakan akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2018. Masih ada cukup waktu untuk menumbuhkan minat baca dan tulis dalam rangka membangun SDM. Dan saya optimis Indonesia akan mampu menjadi tuan rumah yang baik karena infrastruktur yang memadai dan SDM yang berkualitas.*

Pelatihan-Menulis-FLP-Bandarlampung
Pelatihan Menulis FLP Bandarlampung
kelas-menulis-taman-baca-flp-bandarlampung
FLP Bandarlampung

*artikel ini diikuti dalam blog contest yang diadakan Kementerian Kominfo bersama IDN Times dengan tema “Sepucuk Surat untuk Membela Indonesia tahun 2018” #EnergiAsia #DukungBersama #BelaIndonesia