Launching El’s Creative Hub: El’s Coffee Angkat Potensi dan Ekonomi di Lampung


Lifestyle / Jumat, Desember 8th, 2017

Kamu suka ngopi? Berapa gelas per hari? Kalau saya, sih cukup satu sehari. Itupun gak tiap hari. Tapi ketika semakin banyak kedai kopi bermunculan di Kota Bandarlampung, saya jadi pengen tiap hari pindah kedai untuk mencicipi kopi-kopi yang ada di sana. Salah satunya El’s Coffee.

El’s Coffee: Sejarah Berdiri dan Tujuan Mulianya

El's-Creative-Hub
El’s Creative Hub

El’s Coffee adalah salah satu kedai kopi yang terbilang sudah cukup lama berdiri, yakni tahun 2013. Digawangi oleh dua orang kakak-beradik yang sejak kecil sudah banyak bersentuhan dengan dunia perkopian. Mereka adalah Elki, panggilan akrab dari Elkana Ary Riswan, dan adiknya Tyas.

Terinspirasi dari kakek dan ayahnya yang merupakan petani kopi dan miris melihat pertumbuhan bisnis kopi, Elki dan Tyas lalu bertekad untuk menaikkan derajat kopi, khususnya Kopi Lampung. Tekad kuat yang diimbangi kerja keras ternyata membuahkan hasil.

Tahun 2013 keduanya resmi membuka kedai kopi yang diberi nama El’s Coffee. Kedai pertama El’s Coffee didirikan di Teluk Betung, Bandarlampung. Kedai tersebut bukan hanya menyediakan kopi siap saji, melainkan menyediakan pula biji kopi dari berbagai daerah.

El’s Creative Hub

Sekarang bisa dilihat, kan, bagaimana suksesnya El’s Coffee? Beberapa cabang sudah dibuka di Bandarlampung, bahkan di provinsi lain.

Tidak sampai disitu saja tekad dan kerja keras Kak Elki dan Kak Tyas untuk mengangkat derajat kopi lokal, di akhir tahun 2017 ini, El’s Coffee kembali membuka sebuah program yang disebut El’s Creative Hub.

El’s Coffee Bentuk El’s Creative Hub Sebagai Ruang Kreatif untuk Anak Muda

El’s Creative Hub

Tepatnya hari ini, 8 Desember 2017, El’s Coffee resmi membuka El’s Creative Hub. Acara peresmian digelar di kedai utama El’s Coffee yakni di Teluk Betung, Bandarlampung. Alhamdulillaaah, saya senang sekali bisa hadir di acara ini sekaligus mengikuti El’s Blog Competition.

Peresmian El’s Creative Hub mengundang Wakil Walikota Bandarlampung, Bapak M. Yusuf Kohar, Pimpinan Auto 2000, para blogger, serta beberapa tamu undangan. Dalam acara ini, Kak Elki menjelaskan apa tujuan didirikannya El’s Creative Hub.

El’s Creative Hub didirikan dengan tujuan mengangkat potensi-potensi daerah Lampung, baik itu potensi alamnya, pariwisata, bahkan ekonomi kreatifnya. El’s Coffee diharapkan dapat memberi ruang bagi generasi muda untuk menuangkan kreatifitasnya dalam bidang photografi, teknologi, tulis menulis, dan lain-lain.

Acara peresmian El’s Creative Hub juga menghadirkan berbagai lomba di dalamnya, antara lain kontes foto, lomba membuat games, lomba blog, dan lain-lain.

Pada hari ini juga, El’s Coffee meluncurkan satu aplikasi permainan yang seru dan edukatif. Aplikasi permainan itu diberi nama “Finding El’s Coffee”. Sebenarnya niat awal diciptakannya games tersebut ialah agar anak-anak yang berkunjung ke El’s Coffee bisa betah duduk berlama-lama, sementara orangtuanya asik ngopi. Waaahh, kreatif banget, yaaa hehe.

Selain senang karena bisa mengikuti acara Launching El’s Creative Hub dan El’s Blog Competition, saya juga senang karena acara ini bisa membuka lebih luas wawasan saya tentang kopi. Jadi, jangan cuma doyan ngopi aja, ya. Tapi harus tahu bagaimana kopi diolah sehingga bisa menghasilkan kopi yang nikmat.

Nah, kesempatan yang jarang sekali didapat adalah ketika kita bisa sepuasnya mengelilingi kedai El’s Coffee dan mengambil gambarnya. Sssstt… saya baru kali ini, loh masuk El’s Coffee, hehe.

Tempatnya nyaman dan asik banget, nyaman untuk kumpul bersama teman-teman organisasi, atau sambil menulis dan cari inspirasi, dan boleh juga bernostalgia dengan teman lama dan berlama-lama di sini.

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, selain menyediakan kopi siap saji, di El’s Coffee juga menjual biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Ada Kopi Toraja, Kintamani, Aceh Gayo, Wamena, Pangelangan, Flores, Lanang, dan yang gak boleh ketinggalan adalah Kopi Lampung.

Saat saya tanya-tanya dengan pekerja yang ada di sini, ternyata Kopi Wamena, Lanang, dan Kopi Lampung adalah yang terfavorit dan paling cepat habis, loh. Wah, saya jadi gak sabar untuk coba segala kopi yang ada di El’s Coffee.

Besok saya mau balik lagi ke sini, karena rangkaian acara El’s Creative Hub belum selesai sampai di sini. Masih ada banyak lomba dan hadiah menarik sampai tanggal 10 Desember.

Dengan dibukanya El’s Creative Hub, kita berharap anak muda di Lampung bisa lebih kreatif menuangkan ide-ide terbaik mereka untuk mengangkat potensi dan perekonomian Lampung.

2 Replies to “Launching El’s Creative Hub: El’s Coffee Angkat Potensi dan Ekonomi di Lampung”

Comments are closed.