Tapis Blogger Gathering Hadirkan Blogger Berpenghasilan Wow


Blogging / Minggu, Desember 17th, 2017

Tapis Blogger yang sudah menginjak usia satu tahun pada Agustus lalu, kembali mengepakkan sayapnya. Kali ini lebih lebar, hehehe. Bukan lagi membahas bagaimana blog bisa dijadikan hobi dan ruang berbagi, tetapi juga bagaimana bisa dijadikan profesi. Wow.

Selama ini mungkin orangtua atau saudara-saudara kita menilai bahwa profesi adalah pekerjaan yang rutin dan berpenghasilan rutin. Contohnya PNS, bankir, atau guru.

Namun disadari atau tidak (seharusnya sih disadari yaa, hehe), perkembangan teknologi membawa kita pada masa yang disebut zaman digital. Karena semua hal yang dulu dianggap mustahil, sekarang menjadi sangat mungkin.

Contoh simpelnya adalah jual-beli online, transportasi online, sistem pembayaran online atau e-commerce, dan lain sebagainya. Semua hal dilakukan hanya melalui smartphone dan kuota internet tentunya, hehehe.

Beralih Profesi Menjadi Blogger di Zaman Digital

Memasuki zaman digital membuka peluang bagi setiap orang untuk mengeksplor diri. Informasi semakin cepat dan mudah sampai pada orang lain. Dengan begitu peluang untuk ‘dikenal’ oleh dunia semakin terbuka lebar.

Peluang untuk mencari pundi-pundi uang pun semakin beragam. Pada zaman digital ini banyak sekali profesi baru yang muncul. Antara lain pendiri situs jual-beli online, pembayaran online, dan startup lainnya yang tentu saja semakin memudahkan kita dalam bertransaksi.

Selain para pengusaha startup, muncul pula para penulis artikel di dunia maya atau yang disebut blogger. Blogger menyediakan informasi melalui artikel yang ia buat. Artikel tersebut sesuai dengan niche atau tema blog mereka masing-masing.

Sebenarnya, blogger adalah pekerjaan yang tidak tergolong baru. Namun beberapa tahun belakangan, muncul para blogger dengan jumlah yang signifikan.

Tapis Blogger Gathering

Dulunya blog hanya dijadikan hobi dan ruang berbagi bagi sebagian orang. Belum banyak yang tahu bahwa dari menulis artikel di blog juga bisa dapat uang. Lebih tepatnya, belum banyak yang tahu tips mendapat uang dari blog, seperti saya. Hehehe

Tapis Blogger Gathering Bagikan Tips Menjadikan Blog Sebagai Profesi

Tapis Blogger juga membaca situasi ini. Banyak blogger bermunculan khususnya di Lampung, namun belum banyak yang bisa menjadikan blog sebagai sumber penghidupan. Karena itu Tapis Blogger berinisiatif mengadakan “Tapis Blogger Gathering” dengan mengusung tema “Menjadikan Blog sebagai Hobi, Ruang Berbagi, dan Profesi”.

Acara ini menghadirkan tiga pemateri yang berlatar belakang blogger di Lampung.

Pemateri pertama yakni Mbak Naqiyyah Syam. Beliau adalah blogger dan salah satu pendiri Tapis Blogger. Perjalananya menjadi seorang blogger dimulai dari kecintaannya terhadap dunia kepenulisan.

Berkenalan dengan dunia blogging membuat dia merasa nyaman dan enjoy. Apalagi setelah mendapat banyak tawaran review produk dengan penghasilan yang lumayan.

Pada acara Tapis Blogger Gathering ini, Mbak Naqiyyah Syam menyampaikan materi berkaitan dengan cara merawat blog sehingga menghasilkan uang.

Pemateri kedua yakni Mbak Heni Puspita. Berlatar belakang hampir sama dengan Mbak Naqi, namun beliau lebih fokus ngeblog berkaitan dengan kegiatan anak-anaknya sehari-hari. Ia juga membagikan banyak tips dan trik di blognya.

Pada acara ini beliau menyampaikan materi tentang mendesain blog untuk pemula.

Pemateri ketiga disampaikan oleh Mas Agustinus Leantoro. Meskipun namanya belum sering saya dengar (sesering mbak-mbak sebelumnya, haha), tetapi beliau sudah lama sekali menggeluti dunia blogging.

Penghasilannya? Jangan ditanya, sudah puluhan juta perbulan. WOW. Tapi semua itu pasti melalui tahapan-tahapan yang tidak mudah. Simak materi beliau di bawah ini!

Beliau menyampaikan materi tentang SEO (Search Engine Optimization). Ini, nih, yang paling krusial kalau kita berbicara tentang menghasilkan uang dari blog atau menjadikan blog sebagai profesi.

Dalam materinya, Mas Lean (sapaan akrabnya) menuturkan bahwa bermain SEO adalah hal yang susah-susah-gampang. Asal kita tahu kiat-kiatnya agar artikel yang ada di blog kita bisa ‘nangkring’ di halaman pertama google, ketika orang mencari satu kata kunci.

Untuk mencapai itu, blogger harus tahu kiat-kiat apa saja yang dibutuhkan.

Antara lain, desain blog yang ringan. Kalau baru mau dibuka aja loading, gimana orang mau tertarik untuk baca.

Kedua, artikel yang bermutu dan original. Jangan copas ya, Teman-teman. Apalagi saat ini sudah ada UU ITE, loh. Artikel yang bermutu artinya memiliki informasi yang lengkap dan mendalam. Sehingga pembaca tidak kecewa ketika berkunjung ke blog kita.

Yang terakhir ialah keseriusan dalam ngeblog. Rajin nulis artikel dan terus belajar karena ilmu SEO dan blogging itu selalu berkembang.

Intinya, blog bisa dijadikan profesi dan bisa memberi penghidupan tetapi harus dijalani dengan sungguh-sungguh. Tidak ada profesi yang mudah. Semua profesi memiliki kesulitannya masing-masing. Sama dengan profesi lainnya, profesi sebagai seorang blogger juga punya tantangan.

Tantangan tersebut harus kita ketahui sejak dini agar kita bisa bersiap-siap membawa amunisi. Jadi kalau kamu mau jadikan blog sebagai profesi, harus tekun dan pantang menyerah, ya, Temaaaans. 🙂

4 Replies to “Tapis Blogger Gathering Hadirkan Blogger Berpenghasilan Wow”

  1. I feel that is among the such a lot significant info for me.

    And i’m happy studying your article. But should observation on few basic
    things, The web site style is ideal, the
    articles is in reality great : D. Good task, cheers

Comments are closed.