Ubud Writers & Readers Festival 2018 Membuka Seleksi Penulis Emerging Indonesia, Ini Syaratnya


Lifestyle / Selasa, Desember 5th, 2017
ubud-writers-readers-festival-2018-ubud-bali
sumber : ubudwritersfestival.com

Kamu punya karya yang sudah pernah diterbitkan media? Atau punya karya tapi masih disimpan aja di laptop? Jangan malu untuk tunjukkan hasil karyamu, karena siapa tahu kamu termasuk ke dalam 15 penulis terpilih yang bisa mengikuti Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2018 secara GRATIS.

Caranya? Nih, ikuti seleksi Penulis Emerging Indonesia. UWRF mencari bakat-bakat sastra dari seluruh pelosok negeri untuk diajak bergabung dan menghadiri festival sastra tersebut.

Apa Sih Ubud Writers and Readers Festival (UWRF)?

Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) merupakan pagelaran sastra dan seni terbesar di Asia Tenggara. Festival ini dinaungi oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati dan diadakan setiap tahun di Ubud, Bali. Mempertemukan seniman dan sastrawan dari seluruh dunia, serta mengundang para penulis Indonesia yang berbakat.

Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2018 adalah program UWRF untuk menemukan bakat-bakat sastra dari seluruh pelosok Indonesia. Islitah Emerging sendiri digunakan oleh UWRF untuk para penulis yang memiliki karya berkualitas namun belum memperoleh publikasi yang memadai.

UWRF 2018 akan memilih 15 penulis untuk datang ke Ubud, Bali pada tanggal 24-28 Oktober 2018 untuk menjadi pembicara dan partisipan dalam serangkaian kegiatan festival. 15 penulis terpilih akan ditanggung seluruh biaya keberangkatan serta akomodasi selama di sana.

Syarat Dan Ketentuan Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2018

Dilansir dari www.ubudwritersfestival.com, syarat dan ketentuan mengikuti seleksi adalah sebagai berikut:

  1. Penulis adalah Warga Negara Indonesia. Seleksi ini diperuntukan khusus bagi penulis Indonesia, loh.
  2. Berapapun umurmu, silakan ikut karena tidak ada batasan umur untuk mengikuti seleksi ini.
  3. Menulis karya sastra, baik berupa puisi, prosa (cerpen, novel atau novelet), naskah drama maupun karya non-fiksi.
  4. Karya dapat berupa buku dan kumpulan naskah yang belum ataupun sudah pernah diterbitkan di media massa. Yang masih disimpan di laptop, sekarang saatnya dikeluarkan. Hehe.
  5. Penulis yang sudah menerbitkan buku dapat mengirimkan beberapa buku karyanya.
  6. Bagi penulis yang belum menerbitkan buku dapat mengirimkan 30 karya puisi terbaik atau 8 karya cerpen terbaik, atau 5 karya essai, atau 3 naskah drama.
  7. Koresponden dan pengumuman seleksi akan dilakukan melalui email.
  8. Penulis yang mengikuti seleksi wajib mengisi formulir berikut

Seleksi ini dibuka sampai tanggal 28 februari 2018. Pengumuman 15 penulis terpilih akan dilakukan pada akhir bulan Mei 2018.

Pemilihan Penulis Emerging Indonesia 2018 akan dinilai dari berbagai aspek antara lain kualitas karya, prestasi dan konsistensi dalam berkarya, serta dedikasi penulis. Penilaian tersebut akan dilakukan oleh para kurator terpilih yang namanya masih dirahasiakan.

UWRF tahun lalu mengusung tema Origins atau Asal Muasal dalam Bahasa Indonesia. Menghadirkan seluruh seniman dan sastrawan yang terkumpul dalam satu acara untuk bertukar ide, inspirasi, pembelajaran, dan banyak lagi.

Kira-kira tema Ubud Writers & Readers Festival tahun 2018 apa ya? Ada yang punya ide?