Wonder (2017) : Film Anti-Bullying Yang Wajib Ditonton Semua Kalangan


Hobby, Lifestyle, Movie / Senin, April 16th, 2018

Film Wonder (2017) – Film garapan sutradara Stephen Chbosky ini terbilang sukses menguras air mata saya. Film ini bercerita tentang perjuangan sebuah keluarga dalam mengasuh anak mereka yang memiliki kelainan di wajahnya. Perjuangan dimulai ketika anak tersebut memasuki sekolah formal.

Film ini dibintangi oleh Julia Roberts sebagai Isabel Pullman yang merupakan ibu dari August Pullman (Jacob Tremblay). August atau Auggie (panggilan akrabnya) sejak lahir memiliki kelainan di wajahnya. Sehingga ia harus menjalani beberapa kali operasi agar wajahnya terlihat normal. Karena itulah ibunya memilih untuk menyekolahkan Auggie di rumah.

Namun, Auggie kini sudah besar dan tahun depan akan memasuki sekolah menengah. Oleh karena itu, orangtuanya berpikir mereka harus memasukkan Auggie ke sekolah umum agar ia bisa merasakan kehidupan sekolah yang sesungguhnya.

4 Pelajaran Anti-Bullying di Film Wonder

Hari pertama sekolah adalah hari terberat untuk Auggie. Hampir semua orang menatapnya aneh. Namun Auggie perlahan bisa menunjukkan bahwa ia adalah seorang murid yang baik dalam pelajaran dan seorang teman yang tidak ‘menakutkan’.

film-wonder-2017
Sumber : IMBD

Simak 4 Pelajaran Anti-Bullying yang harus kita terapkan dalam kehidupan.

“When given the choice between being right or kind, choose kind” (Ketika diberikan pilihan antara menjadi benar atau menjadi baik, maka pilihlah menjadi baik.)

Inilah yang dikatakan oleh guru kelas Auggie saat pertama masuk sekolah. Kalimat ini sangat bermakna untuk tetap menjadi baik apapun yang terjadi. Terkadang menjadi benar akan menyakiti orang lain, maka jadilah lebih baik dari yang diperlukan.

film-wonder-2017
sumber : IMBD

“Courage. Kindness. Friendship. Character. These are the qualities that define us as human beings, and propel us, on occasion, to greatness.” (Keberanian, kebaikan, pertemanan, karakter. Itulah kualitas yang mendefinisikan kita sebagai manusia, melesatkan kita, sesekali, kepada kebaikan.)

Nah, ini adalah sepenggal pidato dari kepala sekolah Auggie, Mr. Thusman, yang dibacakan ketika acara perpisahan mereka. Jelas sekali kan pesannya? Tentu saja ini adalah salah satu pelajaran untuk kita agar memerangi perundungan yang semakin marak.

film-wonder-2017-antibullying
sumber ; IMBD

“You are not ugly. And anyone who cares to know you will see that.” (Kamu tidak jelek. Dan semua orang yang peduli kepadamu akan melihat itu.)

Itu adalah ucapan Julia Roberts ketika Auggie merasa terpuruk dan patah hati atas perilaku teman-temannya di sekolah. Sekali lagi, kita diminta untuk melihat seseorang dari sudut pandang yang berbeda. Jangan terlalu sempit dalam menilai seseorang.

review-film-2017
sumber : IMBD

“Be kind for everyone is fighting a hard battle. Be kind.” (Menjadi baik kepada setiap orang adalah pertarungan yang keras. Jadilah baik.)

Tidak ada pilihan lain kecuali menjadi baik, walaupun itu artinya kita harus bertarung.

So, percayalah, setelah menonton film Wonder (2017), kalian akan mendapat banyak pelajaran dan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Pesan di Film Wonder 2017 : Peran Keluarga dalam Menghadapi Bullying

Bukan perkara mudah untuk menjadi orangtua yang bijak dalam menghadapi anak yang sering di-bully. Tapi bagaimanapun, orangtua harus tetap belajar dan berusaha menemukan jalan terbaik untuk mengatasi itu.

julia-roberts-film-wonder-2017
sumber : IMBD

Dalam film Wonder (2017) bukan hanya orangtua yang punya tanggung jawab untuk mengatasi masalah perundungan yang semakin marak. Tapi itu adalah tugas kita semua, sebagai keluarga, teman, sahabat, bahkan seseorang yang tidak secara langsung mengenal sosoknya.

Nih saya kasih 2 quotes lagi dari orangtua Auggie agar ia tetap ceria dan percaya diri.

“Because i’m your mom, it counts the most, because i know you the most.” (Karena aku adalah ibumu, maka (pendapatku tentangmu) harus dihitung lebih, karena aku tahu lebih banyak tentangmu.) Isabel Pullman

“I know you don’t always like it but i love it. It’s my son’s face” (Aku tahu kamu tidak selalu suka itu, tapi aku mencintainya. Itu adalah wajah anak laki-lakiku.) Nate Pullman

Film Wonder (2017) adalah film yang sarat makna tentang anti-bullying. Film ini sangat saya rekomendasikan untuk para orangtua, bahkan siapa saja yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Selamat menonton 🙂

Baca Juga :

Keira The Movie: Film Psycho-Thriller yang Angkat Destinasi dan Kearifan Lokal Provinsi Lampung

Ayat-Ayat Cinta 2 Review: Fahri Nyaris Sempurna?

Comments are closed.