Memupuk Optimisme Menuju Asian Games 2018 Di Indonesia, Sudah Sampai Mana Persiapan Kita Sebagai Tuan Rumah ?


Blogging, Lifestyle / Sabtu, Juli 21st, 2018

Desy Listhiana A – Tidak sampai satu bulan lagi, pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018, akan diselenggarakan di Indonesia. Meriahnya persiapan dan antusias masyarakat Indonesia juga sudah terasa. Ini kali kedua (*kaya lagu Raisa) Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi ini.

Dipercaya Menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Harus Bangga, dong!

logo-Asian-Games-2018
Logo Asian Games 2018

Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games ke IV pada tahun 1962 di Jakarta. Kali ini, Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar Asian Games ke XVIII. Lebih istimewanya lagi, ini pertama kalinya dalam sejarah Asian Games diadakan di dua kota sekaligus.

Yup, Jakarta dan Palembang dipilih untuk menjadi kota yang akan menggelar perhelatan akbar dengan 40 cabang olahraga. Sepuluh cabang olahraga akan dihelat di Palembang, lebih tepatnya di Jakabaring Sports City.

Dan sisanya akan dilaksanakan di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. Beberapa cabang olahraga juga akan digelar di beberapa arena olahraga di Jawa Barat. Asian Games 2018 akan berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Bangga? Harus, dong!

Tidak sembarangan bisa menjadi tuan rumah Asian Games, sederet persyaratan harus dilalui untuk bisa menjadi kandidat.

Dari beberapa sumber, sebelumnya, Hanoi ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada tahun 2012 lalu mengalahkan Dubai dan Surabaya.

Namun, dua tahun setelahnya, timbul kekhawatiran mengenai kemampuan dalam segi ekonomi. Maklum aja, menggelar pesta olahraga terbesar di Asia memang butuh dana yang tidak sedikit. Akhirnya pada saat itu, Hanoi menarik diri.

Setelah Hanoi mengundurkan diri, Indonesia kembali menjadi kandidat yang paling mungkin untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Namun sayang, Surabaya memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah karena ingin fokus pada Asian Youth Games pada 2021 mendatang.

Akhirnya, setelah mengunjungi beberapa kota besar di Indonesia, Dewan Eksekutif dari OCA memilih Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah.

Itu menunjukkan kalau Indonesia memang menjadi favorit, kan? Buktinya, sampai dua kali pemilihan, Indonesia selalu menjadi kandidat.

Sudah Sampai Mana Persiapan Kita Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018 ?

gelora-bung-karno-asian-games-2018
sumber: sindonews

Nah, apakah sudah cukup berbangganya? Belum.

Sekarang kita bakal lihat persiapan Indonesia sebagai tuan rumah, nih.

Pertama, kita lihat dari kesiapan infrastrukturnya. Dilansir dari beberapa sumber, persiapan infrastruktur untuk menjelang Asian Games 2018 sudah bisa dikatakan selesai dan siap. Bahkan Presiden OCA sendiri memuji persiapan kita yang tergolong cepat dan selesai dalam waktu singkat.

Kedua, persiapan para atlet Indonesia. Dari salah satu sumber, penulis mendapatkan informasi terkait persiapan atlet kita, nih.

Salah satunya dari atlet angkat besi. Nurul Akmal dan kawan-kawan. Pasalnya, beberapa waktu lalu diadakan test progress yang bertemakan ‘Go For Gold’ dalam rangka mempersiapkan atlet dalam meningkatkan kemampuan diri mereka.

Bahkan, Menpora Indonesia, Imam Nahrawi juga optimis bahwa Indonesia akan meraih banyak prestasi di Asian Games 2018 ini.

Prestasi Muhammad Zohri Menambah Optimisme Masyarakat Indonesia

muhammad-zohri-atlet-lari-asian-games-2018
sumber: Google

Tak ketinggalan, berita terhangat dari dunia olahraga Indonesia, yakni prestasi Muhammad Zohri di tingkat dunia.

Muhammad Zohri yang kemarin baru saja menjadi juara dunia lari 100 meter, hal ini tentu menambah rasa optimis pemerintah Indonesia untuk menyambut Asian Games 2018. Tak hanya pemerintah, tetapi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam instagramnya, Muhammad Zohri mengungkapkan harapannya untuk perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang. Tak banyak yang ia harapkan, ia hanya berharap agar selalu diberi kesehatan jasmani dan rohani untuk mempersiapkan segalanya.

Jadi, tak ada lagi alasan untuk tak bangga. Pemerintah, atlet, juga seluruh masyarakat harus optimis bahwa Indonesia dapat sukses menjadi tuan rumah dan menorehkan banyak prestasi di Asian Games 2018.

2 Replies to “Memupuk Optimisme Menuju Asian Games 2018 Di Indonesia, Sudah Sampai Mana Persiapan Kita Sebagai Tuan Rumah ?”

Comments are closed.