8 Manfaat Traveling Bagi Millennial, Talkshow Bersama Rosita Sihombing: Penulis Lampung yang Menetap di Paris


Hobby, Lifestyle / Selasa, September 4th, 2018

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun… kamu Milea eh, maksudnya Millennial yang suka traveling? Kalau Iya, maka selamat… karena di postingan kali ini saya akan berbagi 8 manfaat traveling untuk para millenial. Haha. 8 manfaat ini saya rangkum dari talkshow bersama Mbak Rosita Sihombing (sebulan yang lalu, huhu. Baru bisa posting sekarang).

Mengenal Rosita Sihombing, Penulis Asal Lampung yang Menetap di Paris

rosita-sihombing-penulis-lampung-dan-traveler

Jadi waktu itu, tepatnya tanggal 9 Agustus 2018, saya datang di acara Talkshow Millennial: Membangun Karakter Generasi Millennial Melalui Traveling dengan pemateri Mbak Rosita Sihombing yang datang jauh-jauh dari Paris. Iya, beliau datang dari Paris ke Lampung dalam rangka pulang kampung. Hehehe.

Duh, senang banget rasanya bisa ketemu langsung dengan beliau. Mba Rosita ini dulu sempat aktif di Forum Lingkar Pena Wilayah Lampung, loh. Selama menjadi mahasiswa, beliau aktif jadi wartawan kampus, kemudian sempat juga jadi jurnalis di Lampung.

Pernah ‘nyemplung’ jadi blogger dan menulis buku juga. Dan setelah menikah, beliau hijrah ke Paris bersama sang suami. Kini beliau sering jadi kontributor di salah satu stasiun tv. Sibuk banget, yaaa…

Nah, karena kesibukannya yang luar biasa itu, saya ngerasa tersanjung juga ketika bisa bertemu langsung di acara tersebut. Acara Talkshow Millenial diadakan oleh SMA IT Qordhova di Jl. Purnawirawan Gang Swadaya VI B No. 02B, Gunung Terang, Bandar Lampung.

SMA IT Qordhova adalah Sekolah Islam Terpadu di Lampung yang fokus pada penghafal Al-Qur’an dan pengembangan lifeskill.

Sekolah menyadari bahwa menulis adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh para siswanya. Karena itulahh SMA IT Qordhova mengundang Mbak Rosita untuk mengisi acara Talkshow tersebut.

Jangan Takut Jadi Traveler, Ini 8 Manfaat Traveling Bagi Millennial

manfaat-traveling-millennial
sumber: Google

Selain berbagi pengalaman sebagai penulis, Mbak Rosita Sihombing juga bercerita tentang perubahan demi perubahan yang terjadi di hidupnya ketika ia mulai berani untuk traveling.

Salah satu yang menginspirasi Mbak Rosita untuk menjadi seorang traveler adalah Ibnu Batutah yaitu seorang Traveler Muslim asal Maroko yang hidup pada zaman sebelum Marcopolo.

Berikut 8 Manfaat Traveling bagi Millennial:

1. Bertoleransi

Dengan melakukan banyak perjalanan, maka kita akan bertemu orang-orang baru dan kebudayaan baru. Dari sanalah kita belajar untuk saling menghormati dan punya rasa toleransi yang lebih tinggi.

2. Keluar dari Zona Nyaman

Yup, kaya di lagu-lagu. Traveling akan membuat kita keluar dari zona nyaman. Dan hal itu akan membuat seorang millennial lebih mandiri dan kuat.

3. Memotret Realita

Seorang millennial yang suka traveling pasti lebih bisa memotret realita. Artinya, jika selama ini kita hanya melihat tempat tersebut dari media, dengan berkunjung langsung ke sana, maka kita bisa melihat tempat tersebut dengan apa adanya.

4. Lebih Ramah

Millennial Traveler harus ramah dengan semua orang. Misal, kita sedang melakukan peralanan ke suatu tempat, maka tegur dan sapa orang-orang yang ada di sekitar kita. Jangan ngaku traveler kalau kita masih sibuk dengan ponsel pintar dan diri kita sendiri. Ups.

5. Berwawasan Luas

Kembali ke poin pertama, traveling akan membuat kita mengenal lebih banyak orang, dan budaya baru. Maka, tentu saja, kita bakal punya berbagai sudut pandang dan lebih kritis.

6. Tidak Sombong

Semakin banyak seorang millennial melakukan perjalanan, maka semakin ia sadar dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Jadi kalau ada orang sombong, itu artinya dia kurang piknik, wkwk.

7. Lebih Sabar

Ketika traveling, kita pasti punya rintangan-rintangan yang harus dilewati, bahkan hal-hal yang tak terduga pun bisa terjadi, loh. Maka seorang traveler dituntut untuk lebih sabar agar lebih ‘waras’ menghadapi segala hal.

8. Empati

Yup, dari ke tujuh poin di atas, traveling tentu saja membuat orang lain lebih memiliki rasa empati sehingga ia bisa mengapresiasi segala hal yang ia temui. Ia lebih bisa menghargai waktu, uang, dan lain-lain.

Itulah 8 manfaat traveling bagi millennial yang saya rangkum dari kisah Mbak Rosita Sihombing pada Talkshow Millennial di SMA IT Qordhova, Bandarlampung. Semoga bermanfaat yaa bagi teman-teman millennial semua πŸ™‚

16 Replies to “8 Manfaat Traveling Bagi Millennial, Talkshow Bersama Rosita Sihombing: Penulis Lampung yang Menetap di Paris”

  1. Aih, menarik memang menjadi traveller. Tapi orang dengan jam kerja padat spti saya mana mungkiiiinnn πŸ˜‘πŸ˜‘ Cuma dapat jatah cuti seminggu tiap tahunnya. Hehe. Nikmati hidup aja deh. πŸ˜…

  2. Jadi pengen traveling ke paris nih. Siapin dompet dan keberanian untuk backpakeran disana. Setuju banget dengan tulisan mbak desly. Dengan traveling kita jadi tahu budaya negara lain. Dengan tahu budaya negara lain kita jadi bisa toleransi. Tidak egois terhadap orang lain. Selain itu kita juga tahu betapa hemat itu penting.

  3. Banyak banget memang manfaat dr traveling. Sayangnya banyak traveler yg egois dan pengin hepi sendiri aja. Salah satunya nampak dari gunungan sampah2 di lokasi wisata. Bahkan di GAK yg bukan tempat wisata pun banyak sampah. Ngapain mereka ke GAK? Ada yg pengin memgagumi, ada yg cuma pengin selfi. Sedih.

    1. Bener banget, Mbak. Harus ada semacam edukasi dulu berarti yaaa untuk para traveler. Tapi, kalo udah pada ngaku traveler, seharusnya mah tau aturan mainnya. Makasih Mbak udah mampir πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.