Milad Ke 2: Tapis Blogger Rangkul UKM di Lampung Untuk Kembangkan Bisnis Bersama, Begini Caranya


Blogging, Review / Selasa, September 11th, 2018

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun… Alhamdulillah, rangkaian acara Milad ke 2 Tapis Blogger sudah terlaksana pada 02 September 2018 kemarin. Seperti biasa, saya selalu bahagia kalau ikut acara Tapis Blogger. Gak tau kalo yang lain, bahagia gak ya ada saya? (LOL)

Milad ke 2 Tapis Blogger ini spesial, lho. Sebab Tapis Blogger bekerjasama dengan berbagai UKM yang ada di Lampung. Dan sebagian besar produk-produk UKM tersebut adalah produksi rumahan.

Homemade is always better, begitu ungkapan yang popular di masyarakat. Setuju gak?

Tapis Blogger dan UKM di Lampung Jalin Simbiosis Mutualisme

tapis-blogger-dan-ukm-lampung

Kenalan dulu yuk dengan Tapis Blogger! Tapis Blogger itu komunitas para blogger Lampung, baik yang menetap di Lampung ataupun yang sedang merantau. Visi misinya jelas, ingin mengenalkan potensi Lampung kepada para pembaca melalui blog.

Untuk mewujudkan hal itu, Tapis Blogger harus menjalin kerjasama dengan banyak pihak. Salah satunya UKM-UKM yang ada di Lampung.

Produk-produk UKM di Lampung juga menjadi salah satu potensi, loh. Sekarang ini, banyak produk unik dan kreatif yang lahir dari produksi rumahan. Terlihat kecil, padahal potensinya besar.

Contoh nyata, keripik pisang yang dulunya cuma ada dua rasa, sekarang udah ada puluhan rasa. Dan penjualannya sudah nasional, cabangnya udah buanyaaak. Omzetnya apalagi (ha ha ha). Nah, itu salah satu hasil dari inovasi dan kreasi anak muda Lampung yang patut dikasih jempol.

blogger-lampung-ukm-lampung
photo by: @mantuidaman

Dalam situasi ini, Tapis Blogger ingin menjadi jembatan penghubung antara UKM dengan konsumen, menjadi pusat informasi bagi konsumen dan menjadi partner bagi UKM.

Begitu juga sebaliknya. Maka terjadilah simbiosis mutualisme antara Tapis Blogger dan UKM. Gimana? Cakep, kan?

Gak sampai di situ, pada Milad ke 2 kemarin, Tapis Blogger memberi ruang kepada para anggota dan UKM-UKM untuk sama-sama nambah ilmu. Yakni tentang personal branding di sosial media, khususnya Instagram.

Pentingnya Personal Branding bagi Blogger dan UKM di Lampung

personal-branding-produk-branding

Instagram tuh sekarang udah jadi media sosial yang digandrungi banyak orang. Udah ngalahin facebook apa belum ya? (kurang tau juga, sih). Tapi yang jelas, Instagram bisa (banget) jadi media promosi yang mendatangkan banyak konsumen. Sebab cakupannya luas.

Kaitannya dengan personal branding adalah semakin baik seorang blogger dan UKM membangun citra dirinya di Instagram, maka blogger dan UKM tersebut akan semakin dikenal dan dipercaya oleh pembaca (pengguna instagram).

Nah, kalau semakin dikenal dan dipercaya, maka UKM akan semakin mudah menawarkan produk-produknya.

tapis-blogger-ukm-lampung

Oleh karena itulah, Tapis Blogger menggelar acara Milad ke 2 dengan tema Membangun Personal Branding dan “Tips Tingkatkan Followers Instagram” bersama Kak Ale Jenes (pemilik akun @kuliner_lampung).

Acara tersebut diikuti oleh anggota Tapis Blogger dan beberapa pemilik UKM-UKM di Lampung. Kak Ale Jenes membagikan tips dan pengalamannya membangun akun @kuliner_lampung dari NOL hingga kini punya 221.000 followers (masih akan terus bertambah setiap harinya).

Acara tersebut digelar di Papa Toms Cafe, Way Halim, Bandarlampung. Di sana kami disuguhkan dengan makan siang yang uenakk plusss tumpeng yang cantik untuk Tapis Blogger.

Dalam rangkaian acara Milad ke 2, Tapis Blogger juga mengadakan lomba vlog dan lomba foto Instagram. Para peserta dan pemilik UKM sangat antusias mengikuti acara tersebut.

UKM-UKM yang bekerjasama dengan Tapis Blogger pada Milad ke 2 antara lain:

1. Thasya Busana
Thasya Busana bergerak di bidang fashion dan konveksi yang fokus pada penggunaan tapis Lampung. Produk-produk yang dihasilkan Thasya Busana bermacam-macam, ada baju dan gamis, kemeja, jilbab, bahkan tas dan dompet.

2. Nuola Food
Salah satu UKM yang memproduksi berbagai macam makanan seperti siomay, pempek, yang semuanya homemade.

3. Yara Art and Craft
Kalau kalian cari perlengkapan properti untuk foto-foto khususnya food photography, seperti alas foto, reflector, sendok garpu unik, serta tatakan unik, bisa ke sini yaaa.. biar foto-foto kalian makin keceee.

View this post on Instagram

Selasa 15 Agustus 2018 Saat saya upload foto ini,teringat sebuah kejadian yang sudah lama, ketika teman saya curcol kalau dia abis dikritik sama orang lain. Kritiknya mungkin membangun yah,tapi karena disampaikan dengan penuh arogansi sehingga hal tersebut membuat teman saya ini kesal. Jadi begini,teman saya ini dulu suka sharing bts foto dia, entah itu foto before after atau langkah-langkah editingnya, dan ternyata hal ini mendapat respon yang positif. Nah pada suatu hari, ada seseorang (sebut saja dia Joko) mengirim pesan pribadi ke teman saya ini, intinya Joko ini bilang bahwa yang dishare teman saya itu gak benar atau bahasa singkatnya, ilmunya sesat (kayak dukun aja ya dibilang sesat). Well teman saya jujur aja kesal dibilang gitu tapi males ngeladeni jadi diiya-iyain aja. Dan hal tersebut ternyata berulang beberapa kali, dengan korban dan pelaku yang berbeda. Hal tersebut membuat saya berfikir, memang ada pakem-pakem tertentukah dibidang photography ini? Well setau saya memang photography ini ada ilmunya, tapi seperti jenis art lainnya, dalam photography itu sendiri gak ada batasan dalam penerapannya, sangat luas dan terus berkembang Atau saya salah??? Menurut teman-teman bagaimana?? ((Soalnya saya juga kadang sharing bts foto saya, eh ternyata sesat juga kan sayanya gak enak)) @uploadkompakan #uploadkompakan #ukmotokopigelap2an_pku

A post shared by yara art and craft (@yara_artandcraft) on

4. Al-Mitry Indo
Pas acara kemarin, banyak banget peserta yang dapet tumbler cantik dari Al-Mitry Indo. Duh jadi pingin, sayang saya kemarin gak kebagian. Hiks…

View this post on Instagram

LAST STOK! HANYA 60set Saja!! READY!!! Subsidi Ongkir silahkan order via shopee : Dusdusan Lampung Official ********** Smart Mom Food Container Set adalah kotak makan siang yang elegan yang terdiri dari 3 rantang terpisah. Setiap rantangnya dilengkapi oleh kunci penutup khas yang sangat aman dan bisa menjadi kotak makan siang dengan pegangan, sangat ekonomis dan praktis. Dibandingkan dengan stainless steel rata-rata lainnya, kotak makan siang ini memiliki warna eye-catchy Ungu dan Hijau yang membuat lunch box ini terlihat modis dan atraktif. Rantang pertama memiliki penutup dengan seal karet dan katup yang bisa dibuka tutup untuk Anda yang membawa makanan yang masih panas. Setiap setnya terdiri dari: – Tempat makan dengan kpasitas masing2 500 ml Diameter; 14 cm Tinggi: 6 cm – 2 pasang Sendok dan Garpu – BONUS: 1 tas berwarna Senada HappyShopping^^

A post shared by Al Mitry InDo (@almitryindo) on

5. Banana Foster
Oleh-oleh kekinian dari Hengky Kurniawan yang udah punya 6 cabang di Lampung, kemarin juga ikutan kerjasama dengan Tapis Blogger, lho.

6. Rumah Kue Maya
Cari kue-kue pasar yang enak? Lah, di sini tempatnya. Kamu juga bisa pesan kue kotak untuk acara di kantor atau rumahmu.

7. Dapoer Nomay
Makanan dari Dapoer Nomay nih sedap-sedap. Ada mie ayam dan mie pelangi yang dibuat dari saripati sayur dan buah. Sehat dan lezat, siapa yang nolakkkk?

8. Puspa Home Snack
Menyediakan berbagai roti, cake, dodol, dan snack lainnya. Semuanya homemade, jadi InsyaAllah gak khawatir sama kualitasnya, deh.

9. Has’t Coffee
Kopi dari Lampung yang diolah dengan berbagai cara. Mereka juga ada Green Coffee yang manfaatnya bejibun. Jadi bukan cuma greentea aja yang bisa untuk diet dan menjaga kesehatan. Green Coffee juga bisa.

10. Randang Ambo
Rendang dari Padang yang sedap mantap. Pengen banget rasanya kemarin makan rendang sama nasi putih anget. Rendangnya ini tipe kering yang dijamin awet, deh. Untuk oleh-oleh teman dan saudaramu, pas banget.

11. Diarra Queen Spa Lampung
Sekali-kali manja-manjain tubuh boleh, dong. Langsung dateng aja ke Diarra Queen dan dapatkan perawatan yang kamu inginkan. Btw, kemarin peserta banyak banget yang dapet voucher diskon. Cusss, langsung ke sana.

Nah, itulah UKM-UKM yang bekerjasama dengan Tapis Blogger di acara Milad ke 2 (2/9), kemarin. Semoga dengan tips dari Kak Ale, UKM-UKM di Lampung makin maju dan berkembang yaaa.. Dan semoga kedepannya kita bisa terus bersinergi dan bisa menggelar acara-acara lainnya. Ayo dukung UKM-UKM di Lampung!

6 Replies to “Milad Ke 2: Tapis Blogger Rangkul UKM di Lampung Untuk Kembangkan Bisnis Bersama, Begini Caranya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.