Milenial Punya Deadline dan Harus Begadang? Catat Tipsnya Biar Tetap Sehat


Healthy & Beauty, Lifestyle / Senin, Oktober 29th, 2018

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun… Ada yang bangun kesiangan hari ini karena begadang? Biasanya apa yang membuat Temans begadang? Ngerjain tugas, ngobrol bareng teman, baca buku, atau nonton film? Di artikel kali ini, saya mau berbagi cerita tentang saya yang doyan begadang karena deadline. Hihihi, jangan ditiru yaaaa.

Begadang Jangan Begadang, Kalau Tiada Artinya

milenial-sehat-walau-begadang
pict. by google

Ingat dengan lagu itu? Liriknya cocok banget, Temans. Emang bener banget kata Haji Rhoma Irama, ‘begadang jangan begadang… kalau tiada artinya. Begadang boleh saja… kalau ada perlunya’. Azeeek (sambil goyang jempol)

Saya salah satu orang yang lumayan sering begadang. Sebagai mahasiswa, blogger, dan freelance, saya selalu dihadapkan dengan tugas, skripsi, artikel, dan deadline.

Belum lagi kalau di rumah ada acara dan keluarga besar berdatangan. Pastinya kita lebih memilih untuk kumpul keluarga, kan? Jadi siang hari yang biasanya digunakan untuk nulis artikel, harus pindah jadwal jadi malam hari.

Jujur aja ya… nulis artikel malem-malem itu kadang fokus banget, tapi kadang malah banyak godaannya. Misalnya aja ketemu sinopsis film yang bikin penasaran. Akhirnya diselingi nonton film dulu. Atau baca-baca artikel gossip seleb di salah satu website, haha. Apalagi kalau udah pegang smartphone atau laptop dengan kuota unlimited, udah lupa waktu deh ๐Ÿ˜€ Ya nggak, Milenial?

Serius ya, ini nggak boleh ditiru. Benar-benar gaya hidup nggak sehat, hiks.. hiks.. Saya ngerasa banget kalau selepas begadang, besoknya pasti badan pegal-pegal, mata sayu, dan kadang jadi sakit kepala.

Beberapa kali saya sempat mengalami keluhan itu, sampai saya sadar bahwa ada yang salah dengan pola hidup, terutama pola tidur saya. Untuk itu saya berusaha untuk cari solusinya.

Nah, kalau pengalaman kamu begadang gimana nih? Share dong di kolom komentar ๐Ÿ™‚

Amunisi untuk Tetap Sehat Selepas Begadang

Udah tahu kan gimana akibatnya begadang? Tapi mau gimana lagi kalau memang deadline menumpuk? Setelah cari tahu sana-sini, akhirnya saya punya solusi untuk menghindari dampak negatif dari begadang. Berikut tips khusus biar badan tetap sehat walau harus begadang. Check it out!

1. Minum Air Putih

milenial-sehat-minum-air-putih
pict. by google

Air putih emang jadi andalan saya kalau lagi begadang. Biasanya di kamar udah disiapin satu botol (600ml) air putih untuk semalaman. Jadi tiap satu jam sekali aku harus minum.

Efeknya memang terasa banget, kita jadi lebih fokus dan konsentrasi. Dan yang jelas, air putih adalah minuman terbaik dari air-air kemasan yang lain.

Kalau minum kopi? Saya sejujurnya suka minum kopi, tapi nggak mau setiap hari. Paling banyak seminggu itu dua sampai tiga kali aja. Selebihnya, cukupkan kebutuhan mineral di tubuh kita dengan air putih.

2. Kurangi Minuman Kaleng (softdrink)

Minuman kaleng (softdrink) tentu menawarkan banyak rasa. Emang menggiurkan sih kelihatannya, tapi ternyata nggak baik untuk tubuh kita. Jadi mulai sekarang dikurangi, yaaa..

3. Jadwal Begadang

Begadang dibuat jadwal? Hihi, bisa kok. Jadi usahakan jangan begadang selama berhari-hari dan berturut-turut. Sepengalaman saya, begadang kalau berturut-turut itu melelahkan banget. Dan kalau udah terlanjur nggak fit, susah untuk balikin kondisi tubuh kita lagi.

Jadi saran aja sih, kalau teman-teman mau begadang, coba dibuat jeda. Misal hari ini begadang, satu atau dua hari ke depan jam tidur dibuat kembali normal. Baru deh, besok-besoknya boleh begadang lagi.

4. Minum Vitamin atau Suplemen

Kalau makan seimbang itu udah pasti ya.. Buah dan sayur juga harus diperbanyak. Tapi nggak dipungkiri, tubuh kita tuh pasti butuh vitamin dan suplemen tambahan.

Tapi itu juga tergantung teman-teman, cocoknya minum vitamin atau suplemen apa. Karena beda tubuh, beda juga kebutuhannya.

herbadrink-sari-jahe
Singkirkan dulu kopinya, Herbadrink lebih sehat ternyata.

Kalau saya lebih suka minum minuman herbal yang bikin badan jadi hangat. Misalnya minuman yang mengandung jahe, paling favorit sih Sari Jahe dari HerbaDrink. Soalnya instan dan mudah didapat. Tinggal seduh dengan air hangat, langsung bisa diminum. Satu sachetย HerbaDrink Sari Jahe bisa diseduh dengan 150ml air hangat. Praktis kan?

Selain Sari Jahe, Herbadrink juga ada rasa Sari Temulawak untuk menjaga stamina dan nafsu makan. Untuk yang kurang lancar buang air besar, ada Herbadrink Lidah Buaya.

herbadrink-sari-jahe
Herbadrink Sari Jahe

Oya, HerbaDrink Sari Jahe ini bebas gula ya, jadi yang sedang diet gula, cocok banget minum ini. Dan pastinya aman, karenaย HerbaDrink Sari Jahe ini terbuat dari bahan-bahan alami. Bisa menjaga kesehatan dan stamina tubuh, terutama kalau semalaman habis begadang. Badan jadi hangat dan kembali sehat.

5. Posisi Tidur yang benar

Tips lainnya agar badan tetap sehat walaupun harus begadang adalah posisi tidur yang benar. Tidur dengan menghadap ke kanan adalah posisi tidur paling baik. Jangan sampai karena begadang, posisi tidur kita jadi asal-asalan, apalagi kalau tidurnya sambil duduk, hehe.

6. Olahraga

Olahraga juga sangat mempengaruhi kesehatan badan sehabis begadang, lho. Olahraga yang ringan-ringan aja dulu, misal jogging, senam, atau angkat barbel yang ringan. Ajak teman biar nggak gabut sendirian hahaha.

Nah, itu dia beberapa tips dari saya biar badan tetap sehat walaupun harus begadang. Wabilkhusus, untuk para Milenial nih yang suka begadang. Semoga bermanfaat yaaa.. Oya kalau ada tambahan tips silakan tulis di kolom komentar ๐Ÿ™‚

21 Replies to “Milenial Punya Deadline dan Harus Begadang? Catat Tipsnya Biar Tetap Sehat”

  1. Kalai aku juga suka begadang terutama saat nulis atau nonton film di laptop. Boleh juga nih tipsnya mbak. Thanks yak

  2. suka juga suka yang sari jahe. kalo begadang diteman herbadrink sari jahe itu rasanya anget. pikiran jadi ngalir. tapi kalo istriku sukany yang temu lawak. apalagi kalo pas lagi halangan. di perut jadi enak. enggak begah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.