Aura Book & Coffee, Kafe Murah Dan Berfaedah Untuk Mahasiswa Lampung


Book, Food, Lifestyle / Senin, November 26th, 2018

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun. Mahasiswa itu terkenal dengan kantong tebal di awal bulan dan kantong kering di akhir bulan, setuju gak? Terutama mahasiswa yang merantau dan jadi anak kossan. Dulu teman-teman sekelas saya suka saling ledek, anak kossan itu kalau awal bulan makannya enak, sering nongkrong di kafe-kafe, jalan-jalan, dan banyak shopping.

Tapi kalo udah masuk pertengahan bulan, mereka mulai irit karena banyak pengeluaran untuk print dan fotocopy tugas-tugas. Makan pun seadanya, seringnya sih mie instan. Terus pas akhir bulan, kantongnya mulai tipis dan kemarau, makan sekali aja dalam sehari, selebihnya makan obat maag (HAHA).

Itu benar nggak sih? Soalnya saya pribadi belum pernah jadi anak kossan. Semoga anak kossan jaman sekarang lebih sejahtera, ya. Nongkrong di kafe-kafe nggak bakal nguras kantong. Karena sekarang udah ada kafe yang cukup murah dan (menurut saya) lebih berfaedah untuk mahasiswa. Kenalan dulu, yuk, dengan Aura Book & Coffee!

Aura Book & Coffee membawa konsep baru tentang kafe

kafe-murah-di-lampung
Diskusi bareng pemilik Aura Book & Coffee

Biasanya apa yang anak-anak muda cari kalau ke kafe? Makanan dan minuman yang enak dan hits? Free WiFi? Spot foto yang kece? Atau live-music yang ada mamas-mamas ganteng bersuara merdu? *eh. Kayaknya hampir di semua kafe pasti ada hal-hal tersebut, ya. Karena memang itulah daya tariknya.

Tapi, jujur aja, saya ngerasa bosan dengan itu. Kalo ngumpul bareng teman-teman di kafe-kafe yang begitu, akhirnya kita sibuk dengan smartphone dan medsos masing-masing. Jadi, menurut saya harus ada sesuatu yang berbeda dan konsep yang baru.

Konsep baru yang dibawa oleh Aura Book & Coffee adalah konsep kafe yang dipadukan dengan perpustakaan. Saya belum pernah sih lihat kafe-kafe dengan konsep semacam ini di Bandarlampung (atau mungkin saya kurang jauh kali ya mainnya haha).

Jadi pas pertama kali dengar konsep kafe ini dari Mas Ikhsan (owner), saya lumayan kegirangan. Karena saya pikir, yes! gw bakal nemu tempat paling asik untuk baca buku sambil ngopi-time.

Emang takdir Allah, saya dibukakan jalan untuk kenal dengan Mas Ikhsan dan keluarganya. Awalnya karena sering mengundang beliau di acara literasi FLP Lampung dan Bandarlampung. Kemudian, saya juga penelitian skripsi di penerbitan beliau, yaitu AURA Publishing. Jadi, sudah lumayan lama kenal, sampai akhirnya diundang untuk main ke Aura Book & Coffee yang persis bersanding dengan rumah beliau.

Jadi sejarah nama AURA itu adalah nama perusahaan penerbitan beliau. Kantor penerbitannya ada di Jalur Dua Universitas Lampung (UNILA). Sedangkan alamat rumah dan Aura Book & Coffee ada di Sukarame, tepatnya di Jalan Endro Suratmin, Pandawa Raya No. 100, Korpri Jaya. Yup, dekat banget dengan kampus UIN Raden Intan dan MAN 1 Sukarame.

Karena dekat dengan kawasan pendidikan, Mas Ikhsan ngerti betul kondisi kantong alias dompet mahasiswa yang kembang-kempis. Jadi Aura Book & Coffee sengaja menyajikan makanan dan minuman dengan harga terjangkau (pricelist-nya di akhir artikel, ya).

Balik lagi ngomongin konsep kafe, Aura Book & Coffee memang terbilang komplit. Ketika baru masuk, kalian akan disuguhkan berbagai macam buku di samping kiri yang disusun dengan unik. Notabene sih buku-buku remaja dan novel gitu. Ada juga buku-buku Islam yang tersusun di rak dekat bar. Di lantai atas, kalian juga bakal menemukan banyak buku best-seller yang sayang banget untuk dilewatkan.

Buku, Aneka Minuman Kopi, Makan Berat dan Ringan, Spot Foto, Dan Free WiFi: Kurang apa lagi?

kafe-murah-di-lampung
Mbak Novi Nusaiba lagi asik baca sambil nunggu pesanan kopinya

Dengan konsep kayak gitu, saya rasa Aura Book & Coffee cocok untuk semua kalangan dan berbagai acara. Misalnya aja kalian cuma mau me-time, duduk sendiri sambil baca buku, ngerjain deadline, dan merenungi hidup (Haha). Atau kalian mau datang ramai-ramai sama teman-teman buat nongkrong dan foto-foto.

Bisa juga datang dengan rekan bisnis untuk diskusi dan lain-lain. Mau ngerjain tugas kuliah dan cari bahan di internet, bisa juga. Atau memang sekedar datang karena mau isi perut dan minum kopi, bisa banget!

Lengkap? I think so.

Jadi kurangnya di mana? Secara umum nggak ada yang kurang kok. Apalagi dengan pelayanan dan harga makanan-minuman yang murah. Tapi secara pribadi, aku lebih suka duduk di lantai atas karena semi-outdoor gitu. Anginnya sepoi-sepoi.

Sayang, karena di lantai atas mejanya porsi ‘besar’ dan lebih banyak dipakai untuk ramai-ramai, jadi kalau mau duduk sendiri dan me-time, rada malu-malu gimanaaaa gitu (aku, kan pemalu, huehehe).

Lengkap! Harga Makanan dan Minuman di Aura Book & Coffee

Aneka Minuman

Ice Kopi Susu 12K
Coffee Float 12K
Mango Float 6K
Lychee Float 6K
Orange Float 6K
Ice Cream Cone 5K
Ice Cream Cone Choco 6K
Ice Cream Cone Strawberry 6K
Ice Cream Cone Seress 6K
Legend Drink Saparella 15K
Affogato 15K
Teh Botol 5K
Mineral 4K

Aneka Makanan

Ayam Geprek 15K
Steak Ayam Ori 15K
Steak Lada Hitam 15K
Steak Pedas Manis 15K
Mie Aceh Telor 12K
Mie Aceh Seafood 15K
Mie Goreng Telor 13K
Nasi Goreng Seafood 15K
Nasi 3K

Snacks

Kentang Goreng 10K
Jamur Krispy 10K
Pisang Keju 10K

Sementara cuma ini dulu yang ada di menu. Pas kemarin ngobrol-ngobrol sama istrinya Mas Ikhsan di Aura Book & Coffee, beliau kasih bocoran bakal ada menu-menu baru dalam waktu dekat. Aiih, jadi nggak sabar menunggu menu-menu baru, hehehe. Sekarang udah terbayang belum bakal ngapain dan makan apa kalau ke Aura Book & Coffee?

3 Replies to “Aura Book & Coffee, Kafe Murah Dan Berfaedah Untuk Mahasiswa Lampung”

  1. Arrgghh, ini impianku waktu masih SD. Pingin punya perpustakaan pribadi tapinya ada jualan makan minum gitu, jadi bisa lebih adem baca buku. Tapi aku seneng deh sudah ada tempat seperti ini. Suatu hari aku akan berkunjung. Eaaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *