Bukit Sakura, Tempat Wisata Murah Meriah di Bandarlampung


Lifestyle, Travel / Rabu, Januari 9th, 2019

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun… Yaahhh… Liburannya udah abis nih! Selamat beraktifitas kembali seperti biasa ya. Welcome back to reality, haha. Alhamdulillah, pas liburan kemarin saya sempat mengunjungi beberapa tempat wisata di Bandarlampung. Salah satunya Bukit Sakura yang murah tapi tempatnya meriah.

Walaupun liburan akhir tahunnya di dalam kota, saya cukup senang karena masih banyak tempat wisata di Bandarlampung yang bisa dieksplor. Atau dengan kata lain, masih banyak yang belum saya kunjungi alias saya kurang main dah haha.

Meski begitu, tempat wisata dan keindahan alam kota Bandarlampung juga gak kalah kok dengan tempat wisata di luar daerah.

Perjalanan Menuju Bukit Sakura Bandarlampung

bukit-sakura-bandar-lampung

Sebenarnya, gak butuh waktu lama untuk memutuskan pergi ke Bukit Sakura Bandarlampung. Pagi-pagi di Hari Kamis, 3 Januari 2019 yang cerah sedikit panas, saya bingung mau mengisi hari libur ke mana. Karena mimpi liburan ke Suoh, Lampung Barat hanya tinggal wacana :'(

Akhirnya saya memutuskan untuk cari tempat wisata yang dekat dengan Bandarlampung. Dan muncul Bukit Sakura sebagai tempat pertama. Selain dekat, Bukit Sakura juga adalah salah satu tempat wisata yang sedang happening di Bandarlampung.

bukit-sakura-bandar-lampung
doc. pribadi

Bukit Sakura terletak di Kecamatan Kemiling, Bandarlampung. Perjalanan menuju Bukit Sakura Bandarlampung cukup mudah. Dari pusat kota, hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di Bukit Sakura. Baik naik motor maupun mobil, menurut saya sama saja. Mungkin hanya beda 5 sampai 10 menit lebih lama apabila naik mobil.

Jika dari Tugu Adipura atau Bunderan Gajah, kamu perlu melewati Jl. Jendral Ahmad Yani sampai menemukan pertigaan. Kemudian belok kanan melewati Jl. RA Kartini. Ada dua alternatif untuk menuju Bukit Sakura dari Jl. RA Kartini.

Yang pertama, setelah kamu memasuki Jl. RA Kartini, kamu bisa belok kiri ke Jl. Cut Nyak Dien (Samping Rumah Makan Garuda). Terus sampai menemukan pertigaan dan belok kanan (masih di Jl. Cut Nyak Dien). Lurus terus, melewati Pasar Tamin dan kamu akan tiba di Jl. Imam Bonjol.

Yang kedua, dari Jl. RA Kartini, kamu bisa terus sampai di Pasar Bambu Kuning di sebelah kiri. Siapa tau ada yang mampir pasar dulu pilih-pilih baju haha. Setelah belok kiri kamu akan berada di Jl. Imam Bonjol.

Dari Jl. Imam Bonjol kamu perlu waktu kira-kira 7-10 menit untuk sampai di Bukit Sakura. Perjalanan mungkin agak macet ketika melewati Pasar Tamin atau Pasar Bambu Kuning. Maklumlah, namanya juga pasar ya. Hehe.

Setelah melewati satu SPBU di Jl. Imam Bonjol, itulah tanda-tanda kamu akan segera sampai di tempat tujuan. Di sebelah kiri (setelah kurang lebih 100 meter dari SPBU) kamu akan melihat Jl. Batu Kalam dan petunjuk arah menuju Bukit Sakura Bandarlampung.

Masuk terus di Jl. Batu Kalam, jalannya menanjak dan agak sempit (tapi cukup untuk 2 mobil). Tanjak terus dan sampailah kamu di tujuan. Ada gapura bertuliskan Bukit Sakura sebelum kamu masuk.

Review Fasilitas yang ada di Bukit Sakura Bandarlampung

bukit-sakura-bandar-lampung

Ketika kamu masuk, seorang petugas bakal memberi kamu tiket seharga Rp. 10.000,- per orang. Kemudian kamu bakal diarahkan ke parkiran oleh juru parkir. Biaya parkir untuk motor Rp. 5.000. Bayar langsung ya.

Tiket masuk berwarna kuning tersebut, nantinya bisa ditukar dengan minuman setelah kalian sampai di atas. Lumayan buat menghilangkan ngos-ngosan setelah jalan menanjak. Haha.

Berikut fasilitas yang ada di tempat wisata Bukit Sakura Bandarlampung:

1. Jasa sewa baju khas Korea
bukit-sakura-bandar-lampung

Di Bukit Sakura Bandarlampung, kamu bisa menyewa baju khas Korea seharga 25ribu. Lumayan banget untuk dijadikan properti foto-fotomu. Biar foto makin kece dan meyakinkan 😀

Sayangnya, kemarin saya gak sempat sewa karena antrian panjang dan sangat ramai. Alhasil cuma bisa potret orang lain aja.

2. Live Music Gratis
Live musicnya sangat menghibur. Jadi selama kalian muter-muter di Bukit Sakura, gak krik-krik deh karena ada yang nyanyi. Apa lagi kalau lagunya pas ngena di hati, bisa-bisa malah baper.

Live musicnya gratis kok. Kamu bisa request lagu atau bisa juga tunjukin bakat nyanyi kamu di sana hihi.

3. Spot Foto

bukit-sakura-bandar-lampung
Jadi tukang fotonya Novriyanti (www.ceritanovri.com)

Jaman sekarang, namanya tempat wisata ya harus instagramable, setuju gak? Hihi. Menurutku, spot foto di tempat wisata Bukit Sakura Bandarlampung sudah banyak dan cukup baik. Apalagi memang didukung dengan background pemandangan alam Kota Bandarlampung.

Baca juga: 10 Spot Foto Kece di Bukit Sakura Bandarlampung

4. Gazebo Gratis

tempat-wisata-murah-lampung
Ada banyak gazebo gratis yang bisa pengunjung pakai untuk bersantai ria bareng keluarga

Kalau ke Bukit Sakura kamu gak perlu takut gak dapat tempat berteduh ya. Kecuali pas moment liburan seperti kemarin yang pengunjungnya ruuaamee banget. Kalau weekend seperti biasa sih gak perlu takut, karena di Bukit Sakura menyediakan banyak gazebo gratis yang bisa dipakai kamu bersama teman-teman atau keluarga.

Ada sekitar 40 sampai 50 gazebo gratis. Bisa dipakai untuk acara makan-makan dan istirahat. Nyaman? Menurutku lumayan nyaman. Karena Bukit Sakura itu luas, jadi seramai-ramainya pengunjung kemarin, kita masih bisa kok menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di sana.

5. Kamar Mandi
Biasanya kalau pergi ke tempat wisata, yang paling saya takutkan adalah kondisi kamar mandinya. Takut kotor dan nggak nyaman. Tapi kemarin di Bukit Sakura, ada banyak kamar mandi yang cukup bersih loh. Meski pengunjung ramai, kamar mandinya tetap terawat. Salut deh. Semoga begini terus yaaa..

6. Kantin
Gak sempat bawa makanan dari rumah ke Bukit Sakura? Udah gak apa-apa. Ada kantin kok. Lengkap, ada makanan ringan seperti snack, minuman dingin, dan gorengan. Sampai makanan berat seperti Nasi Ayam dan mie. Harganya masuk akal dan cukup terjangkau 😀

Nah, itulah beberapa fasilitas yang ada di Bukit Sakura, tempat wisata murah meriah di Bandarlampung. Gak bisa liburan ke luar kota? Jangan bingung, masih ada banyak tempat wisata di Bandarlampung yang cakep-cakep, salah satunya Bukit Sakura.

Sekian cerita liburan dari saya, semoga bermanfaat ya. Tabik.

7 Replies to “Bukit Sakura, Tempat Wisata Murah Meriah di Bandarlampung”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *