[REVIEW] Asus Zenfone Max M2, Kameranya Kok Gini?


Lifestyle, Review / Selasa, Januari 15th, 2019

Desy Listhiana A – Tabik Pun. Teman-teman pembaca, terimakasih sudah mau mampir ke blog ini 🙂 Semoga betah baca curhatan saya yang (akan) panjang lebar tentang hasil foto dari kamera smartpone Asus Zenfone Max M2.

Sebelum kita review lengkap kamera smartphone ini, saya mau sampaikan terimakasih untuk Mbak Rien, empunya blog www.travelerien.com. Berkat undangan dari beliau, saya bisa ikut gabung di acara launching smartphone Asus beberapa minggu lalu. Selengkapnya sudah pernah saya ceritakan di sini, teman-teman.

Baca: Asus Zenfone Max Pro M2, Idola Baru Smartphone 2 Jutaan

Akhirnya Zenfone Max M2 Jatuh ke Pelukan

review-asus-zenfone-max-m2

Berkat undangan Mbak Rien juga, saya bisa ikutan lomba blog dan instagram yang memperebutkan 8 smartphone Asus keluaran terbaru. Yup, ada Zenfone Max Pro M2 dan Zenfone Max M2 (tanpa pro).

Dan Alhamdulillah… saya diberikan kesempatan untuk memenangkan salah satu hadiahnya. Sebagai juara 3 lomba instagram, saya mendapatkan satu buah smartphone Asus Zenfone Max M2. Uyeee!!!

Gak bisa digambarkan bagaimana bahagianya saya ketika lihat pengumuman itu. Curhat sedikit ya, memang beberapa bulan sebelumnya, saya sudah berencana untuk ganti smartphone. Sebab smartphone saya yang lama sudah tak mampu menahan beban aplikasi yang seabrek itu. Belum lagi harus stand by 24 jam agar kerjaan dan deadline gak ngaret (padahal masih ngaret aja sih haha).

Dari bulan September 2018, saya udah mulai nabung untuk beli smartphone idaman saya, sekaligus menyukseskan tagar #2019GantiHP. Hihi.

Setelah 3 bulan terkumpul dan dirasa cukup untuk beli smartphone idaman, saya malah dapat undangan untuk menghadiri acara Asus tersebut.

Galau deh jadinya. Di satu sisi uang itu akan saya gunakan untuk beli smartphone, tapi di sisi lain saya kepengen banget ikut event besar yang diadakan Asus. Kapan lagi coba dapat undangan dari Asus dan Mbak Rien?

Dengan pertimbangan yang cukup panjang, akhirnya saya memilih untuk memenuhi undangan tersebut dan harus merelakan mundurnya rencana ganti smartphone. Gak disangka-sangka, ternyata lewat lomba tersebut Allah kasih jalan rezeki ke saya.

Selain bisa bertemu dan kenalan dengan banyak blogger, pengalaman ikut event, Allah juga mengganti dengan yang lebih baik. Alhamdulillaaah… Rencana Allah memang indah, ya, Teman-teman. Maaf yaaa curhatnya jadi panjang banget haha.

Ok, kita balik ke topik awal.

Bahas Fitur dan Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Max M2

hasil-foto-asus-zenfone-max-m2Dari awal, saya mau kasih tahu Teman-teman, bahwa pembahasan fitur dan hasil foto kamera Asus Zenfone Max M2 diambil dari sudut pandang orang awam seperti saya. Haha. Bukan fotografer atau orang yang expert di bidang teknologi kamera. Ini murni pendapat dari konsumen dan blogger yang suka jepret-jepret.

Sebagai blogger pemula, saya banyak belajar membangun dan merawat blog dari banyak ruang. Salah satunya adalah mengikuti kelas basic smartphone photography (kalau bisa dibilang begitu). Karena kelas tersebut hanya membahas teknik mengambil foto, termasuk komposisi dan pencahayaan. Soal fitur dan pengaturan kamera, gak dibahas mendalam.

Sebagai konsumen baru Asus (baru setengah bulan ini hihi), saya cukup puas dengan smartphone Zenfone Max M2. Baik dari segi performa, desain, dan kamera. Kalau performanya jangan ditanya lagi. Unduh dan main aplikasi apapun gak ada macetnya, baterai awet, desain tipis dan nyaman digenggam. Kameranya? Nah ini yang mau saya bahas.

Baca Juga: Asus Zenbook 13 UX331UAL, Laptop Ringan dan Tangguh Untuk Segala Kegiatan

review-asus-zenfone-max-m2

Asus Zenfone Max M2 adalah seri ‘low-budget’ dari Asus Zenfone Max PRO M2. Harganya beda sekitar 500ribu rupiah dari seri PRO. Tapi kualitasnya tetap jagoan. Berbeda sensor kamera dengan seri PRO gak membuat smartphone ini mati gaya.

Kamera utama/belakang Asus Zenfone Max M2 memiliki kamera ganda. Dengan sensor beresolusi 13MP aperture f/1.8 yang menghasilkan ketajaman dan detail gambar. Serta sensor 2MP untuk efek bokeh.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8MP bukaan f/2.0. Menghasilkan gambar yang cukup tajam walaupun di dalam ruangan atau kondisi malam hari.

Dilengkapi fitur AI Scene Detection, kameranya jadi ‘lebih pintar’ mengenali objek. Hasil foto tetap terang meski minim cahaya, tetap jernih dan gak backlight.

Selain itu, kamera Asus Zenfone Max M2 ternyata dilengkapi dengan teknologi EIS atau Electronic Image Stabilization. Teknologi ini membuat hasil foto lebih stabil dan gak blur.

hasil-foto-asus-zenfone-max-m2

Tapi sayang, saya belum bisa menggunakan fitur itu secara maksimal. Masih perlu banyak belajar lagi hihi. Atau mungkin karena tangan saya yang gemetar karena grogi ketemu dua sejoli ini ya? Haha.

Ada 4 mode yang bisa teman-teman pilih ketika menggunakan kamera belakang Zenfone Max M2

asus-zenfone-max-m2

Pertama, mode Auto. Dalam mode auto, ada pengaturan lain yang bisa digunakan seperti yang sudah dijelaskan dalam foto berikut ini. Meski mode yang digunakan Auto, namun hasil foto sudah cakep seperti ini kok.

Pada mode Auto, ada 10 efek foto yang disediakan Zenfone Max M2. Bisa kalian lihat gambar di bawah ini. Tapi menurut saya sih, gak berpengaruh besar. Yang sering dipakai biasanya efek beauty yang bisa memperhalus keadaan wajah haha. Atau efek kedalaman yang bisa menghasilkan foto bokeh luar biasa.

hasil-foto-asus-zenfone-max-m2

hasil-foto-asus-zenfone-max-m2

Kedua, memakai mode Pro. Pada fitur ini, kalian bisa lebih banyak mengeksplor dan menyesuaikan kamera. Hasil fotonya seperti profesional kan? Hihihi.

asus-zenfone-max-m2

asus-zenfone-max-m2

asus-zenfone-max-m2

Ketiga, mode HDR. Gak banyak yang bisa dilakukan dengan mode ini. Tapi mau diapakan lagi kalau hasilnya sudah cantik begini? Ini asli belum diedit lho, hihi.

asus-zenfone-max-m2

Keempat, mode Sport. Kalau teman-teman mau foto objek yang sering bergerak, misalnya anak-anak main, bersepeda, dan lain-lain, bisa memakai mode ini. Berikut hasil fotonya.

asus-zenfone-max-m2

Kelima, mode Malam. Gak banyak yang bisa saya jabarkan di mode ini. Tapi kalian bisa nilai sendiri hasilnya.

asus-zenfone-max-m2

Ada juga fitur pengaturan yang bisa memudahkan kita memakai kameranya. Namun sayang, saya belum menemukan mode panorama yang bisa dipakai di kamera Asus Zenfone Max M2. Padahal kemarin saya perlu banget fitur tersebut untuk memotret.

Untuk kamera depan Asus Zenfone Max M2 yang beresolusi 8MP dan bukaan f/2.0, menurut saya cukup memuaskan untuk berselfie-ria. Bahkan ditempat yang minim cahaya, wajah tetap cerah dan bikin pangling hahaha.

asus-zenfone-max-m2

Hampir sama dengan fitur yang ada di kamera belakang, namun sayang, tidak ada mode Pro dan fitur ketajamannya. Kurang lebih begini hasil fotonya. Teman-teman bisa nilai sendiri. Jangan nilai wajahnya yaaa hehe.

Baiklah, sekian review kamera Asus Zenfone Max M2 dari sudut pandang konsumen dan blogger yang suka jepret-jepret. Saya akui, hasil foto smartphone ini memang tidak bisa disebut ‘WAH’. Tapi, untuk menemani aktifitas padat dan mengabadikan moment sehari-hari, smartphone ini sangat cocok dan pas dikantong. Harga resminya hanya 2,3 juta rupiah (sisa seribu).

Meski tanpa PRO, Asus Zenfone Max M2 tetap layak dimiliki. Dengan performa tinggi, desain keren, baterai awet, dan kamera yang cukup baik, Asus Zenfone Max M2 bisa menjadi smartphone idaman dan pewujud tagar #2019GantiHP. Tabik.

One Reply to “[REVIEW] Asus Zenfone Max M2, Kameranya Kok Gini?”

Comments are closed.