5 Kesalahan Yang Membuat Jerawat Tak Kunjung Sembuh


Lifestyle / Selasa, Juli 30th, 2019

DESY LISTHIANA A – Punya masalah jerawat itu gak enak banget ya? Saya juga punya masalah jerawat nih sejak SMP. Sekarang sih udah mulai berkurang, tapi kadang jerawat menyerang tiba-tiba. Bikin panik!

Menurut beberapa sumber, jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang terjadi akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Penyakit ini umumnya melanda remaja dan orang dewasa yang timbul pada area wajah, punggung hingga alat kelamin berupa benjolan kecil dan besar.

Benjolan besar disebut dengan jerawat kistik (jerawat batu) dimana proses penyembuhannya lebih lama. Adapun jenis jerawat lainnya yakni seperti polula atau jerawat berupa benjolan kecil dan merah, pustula yakni jerawat yang dipenuhi dengan nanah, dan nodul yaitu jerawat yang terbentuk di bawah kulit dan mengakibatkan peradangan.

Proses penyembuhan jerawat itu membutuhkan kesabaran, Yay Atu. Karena kalau salah mengatasi jerawat justru akan membuat kulit kita meradang. Saya termasuk yang kurang sabar, nih.

Nah, ini dia 5 kesalahan yang sering kita perbuat. Yuk, diperbaiki supaya jerawat segera minggat! Apa saja kesalahannya?

  1. Sering Bercermin, Menyentuh Hingga Memencet Jerawat
obat-jerawat-yang-ampuh
source: google

Loh, kok sering bercermin bikin jerawat makin susah sembuh? Ini penjelasannya Yay Atu.

Salah satu penyebab jerawat paling akurat adalah akibat stress. Semakin sering kita bercermin dan melihat lamanya proses penyembuhan jerawat, pastinya makin stress, kan? That’s why, yang ada jerawat bukannya sembuh tetapi justru tumbuh jerawat baru. Huhuhu.

Oleh sebab itu hindari hal-hal yang bikin stress termasuk dikit-dikit bercermin. Oiya, hindari juga menyentuh jerawat dengan tangan apalagi disaat tangan sedang kotor.

Terus gimana dong olesin obat jerawat? Nah, solusinya adalah olesin pake cotton bud aja agar lebih terjaga kebersihannya. Memang sulit Yay Atu, tetapi sabar dan coba lebih rileks serta jangan stress apalagi sampai memencet jerawat, karena memencet jerawat akan membuat kulit semakin meradang. Hmm.. yuk kita perbaiki mulai sekarang.

  1. Gak Sabar dan Terlalu Banyak Pakai Obat Jerawat

Timbulnya jerawat memang bisa membuat PD hilang seketika sehingga banyak cara akan dilakukan demi bisa membasmi jerawat dengan cepat. Contohnya seperti melakukan tindakan acne peeling, injeksi jerawat, serta menggunakan ragam jenis obat luar maupun dalam.

Tanpa disadari, cara seperti ini justru akan membuat kulit stress sehingga semakin meradang dan menimbulkan jerawat baru. Banyak melakukan cara ini dan itu juga akan membuat kita bingung, bagian dan cara mana yang tidak cocok.

Apalagi jika kita melakukan tindakan tersebut tanpa rujukan langsung dari dokter kulit. Alias coba-coba. Duh, pengalaman banget!

Dengan demikian, ada baiknya jerawat diatasi dengan anjuran dari dokter kulit serta melakukan pengobatan sesuai resep yang dianjurkan tanpa melebih-lebihkan.

  1. Melakukan Treatment Facial Jerawat
cara-mengatasi-masalah-jerawat
source: flo.health

Kenapa treatment facial jerawat malah gak diperbolehkan? Alasannya adalah jerawat hakikinya merupakan keadaan dimana kulit sedang sensitif sehingga facial yang dilakukan dengan menggunakan jarum justru akan membuat kulit semakin meradang.

Dari pada facial, better kita coba acne peeling saja yang bisa dilakukan di beberapa klinik kecantikan yang ditangani langsung oleh dokter kulit. Intinya adalah, lakukan treatment dan gunakan obat sesuai anjuran langsung dari dokter yang expert dibidangnya.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Jika Melakukan Facial Saat Kehamilan

  1. Gampang Menyerah Lalu Cepat Beralih Pada Produk Lainnya

Kesalahan lain yang juga menyebabkan jerawat tak kunjung sembuh adalah gampang menyerah dan langsung beralih pada produk lainnya. Sering berganti produk justru menjadi pemicu lainnya yang membuat jerawat semakin sulit diatasi. Saya juga termasuk yang gampang menyerah, nih.

Kulit sebenarnya membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu untuk bisa beradaptasi dengan obat. Terlebih jika menggunakan skin care yang mengharuskan kita mengganti pencuci muka, pelembab hingga krim malam dan krim siang yang akan memberi pengaruh banyak pada reaksi kulit kita.

Oleh karena itu, jika baru penggunaan 1 minggu, cobalah untuk bersabar karena bisa saja jerawat tak kunjung sembuh akibat dari stress yang juga akan mempersulit proses penyembuhan.

  1. Tidak Mengetahui Penyebab Jerawat Sesungguhnya
penyebab-jerawat
source: www.123rf.com

Jerawat bisa disebabkan oleh multi-faktor, dan seringkali salah diagnosa, atau kita menduga-duga sendiri penyebabnya padahal belum tentu benar. Kalau diagnosa sudah salah, tentunya pengobatan juga bisa salah, dan alhasil tidak sembuh-sembuh jerawatnya.

Contoh paling umum pencetus timbulnya jerawat adalah faktor hormonal, pakai obat pencegah kehamilan tertentu (misal lagi program KB), makan makanan berlemak seperti kacang, terkena sorot AC atau debu, dan sebagainya. Jadi ada banyak sekali yang bisa jadi pencetus, sehingga diperlukan diagnosa yang tepat.

Dengan demikian, ada baiknya jika jerawat langsung diatasi dengan cara berkonsultasi langsung pada dokter spesialis kulit terlebih jika jerawat sudah cukup parah.

Selain itu, pastikan kita bisa kontrol diri agar tidak stress, karena sebagus apapun obat dan treatment yang kamu pilih, maka proses penyembuhan jerawat tetap akan memakan waktu lama jika stress tidak berhasil kita kendalikan.

Itulah 5 kesalahan yang membuat jerawat tak kunjung sembuh, Yay Atu. Mulai sekarang yuk kita sama-sama perbaiki!

One Reply to “5 Kesalahan Yang Membuat Jerawat Tak Kunjung Sembuh”

Comments are closed.