8 Tips Persiapan Liburan dari Lampung – Palembang – Bangka Belitung


Travel / Jumat, Juli 5th, 2019

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun… Yay Atu apa kabarnya? Semoga tetap bahagia, ya. Terima kasih sudah mampir (lagi) ke blog saya yang gado-gado ini. Mumpung masih momen liburan sekolah, kali ini saya mau cur-hat dan berbagi pengalaman seputar persiapan liburan dari Lampung ke Palembang.

Sayang banget, kan, kalau momen liburan panjang seperti ini kita lewatkan begitu aja? Mending manfaatin. Gak masalah liburan tipis-tipis, asal gak bikin dompet tipis. Hehehe.

Liburan Tipis-Tipis, Gak Bikin Dompet Tipis

tips-liburan-2019
sumber: pixabay.com

Seperti yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya, “Liburan itu kebutuhan. Liburan juga bermanfaat untuk tubuh, pikiran, dan pekerjaan.” Nah, berdalih dengan motto tersebut (haha), saya akhirnya memutuskan untuk mengisi waktu liburan kali ini dengan berkunjung ke Palembang.

Sudah sampai Palembang, rasanya gak afdhol kalau gak sekalian nyeberang ke Bangka Belitung, ya? Hehe. Okedeh, saya matangkan rencana liburan dari Lampung, Palembang, hingga ke Bangka Belitung.

Nah, di bawah ini, saya mau berbagi 8 tips persiapan liburan dari Lampung, Palembang, hingga ke Bangka Belitung.

  1. Niat dan tujuan

Tips pertama persiapan liburan tentu saja niat dan tujuan. Pastikan bahwa Yay Atu benar-benar niat merencanakan liburan, salah satunya adalah menentukan tujuan ke sana.

Misalnya, saya akan pergi ke Palembang dan Bangka Belitung untuk liburan, saya akan menikmati kuliner dan suasana di pinggir Sungai Musi, serta akan menikmati ombak dan sunset di sepanjang pantai Bangka Belitung.

Gak sampai disitu, tujuan saya selanjutnya adalah untuk mengunjungi teman dan saudara yang ada di sana. Jadi, selain liburan, saya juga ingin silaturahim ke kerabat. Nah, gimana dengan Yay Atu? Yuk, segera niat dan tentukan tujuan untuk persiapan liburanmu.

  1. Tempat wisata yang akan disambangi

Sudah niat dan punya tujuan, maka tips persiapan liburan selanjutnya adalah menentukan tempat wisata mana saja yang akan disambangi.

Karena, rasanya gak mungkin (bangettt) saya bisa mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Palembang dan Bangka Belitung dalam sekali liburan! Jadi, pastikan punya prioritas untuk tempat wisata tujuanmu, ya!

Kalau di Palembang, tentu saya akan mengunjungi tempat-tempat ikonik yang ada di sana, seperti Jembatan Ampera, Kampung Kapitan, Masjid Agung, dan menyusuri tempat kuliner yang ada di sekitar Sungai Musi.

Ketika di Bangka Belitung nanti, saya akan mengunjungi beberapa pantai yang ada di daerah Pangkal Pinang dan Sungailiat. Misalnya, Pantai Pasir Padi, Pantai Tikus, Parai Tenggiri, Tanjung Kelayang, dan lain-lain.

  1. Estimasi biaya

persiapan-liburan-2019
sumber: pixabay.com

Tips persiapan liburan selanjutnya adalah estimasi biaya. Yuk, kita hitung-hitung dulu berapa biaya yang mesti dikeluarkan selama liburan.

Mulai dari biaya transportasi, penginapan, makan, hingga biaya yang tak terduga. Semua mesti dirinci dan tentu saja bawa biaya lebih untuk berjaga-jaga.

  1. Tentukan alat transportasi dan tanggal keberangkatan

jadwal-kereta-api
sumber: pixabay.com

Tips selanjutnya yaitu tentukan alat transportasi dan tanggal keberangkatan. Kalau bisa tentukan dari jauh hari, karena ini banyak berpengaruh, terutama pada biaya transportasi dan penginapan.

Nah, kemarin saya sempat kehabisan tiket kereta api dari Lampung ke Palembang. Rencananya, saya akan naik kereta pagi dari Stasiun Tanjung Karang ke Stasiun Kertapati, namun sayang, karena kurang cepat menentukan tanggal keberangkatan, saya kehabisan tiket.

Akhirnya, saya mengubah rencana. Saya sempat galau karena perhitungan biaya yang melonjak. Harga tiket kereta api pagi hanya Rp32.000 sedangkan untuk tiket kereta api malam harganya berkisar dari 150-220ribu.

Untuk menghemat pengeluaran, saya putuskan untuk cari promo di berbagai aplikasi online. Alhamdulillah, mudah banget dapat promo tiket kereta api di Pegipegi. Proses pemesanannya pun cepat banget. Pilih asal dan tujuan stasiun, kemudian pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.

tiket-kereta-api
doc. pribadi

Setelah pesan tiket kereta api dengan harga yang sesuai, saya pun mengisi data penumpang dan memilih tempat duduk yang tersedia. Untuk dapat promonya, jangan lupa masukan kode promo, yaaa!

Setelah itu, hanya perlu transfer sesuai perintah saja. Dan, selesai! E-ticket akan dikirim lewat email beserta nomor pemesanan dan barcode-nya. Saya gak galau lagi mau beli tiket kereta api, karena ada banyak promo di Pegipegi. Hehehe.

  1. Barang apa saja yang wajib dibawa?

Lanjuuut, tips persiapan liburan yang berikutnya adalah persiapkan barang yang wajib dibawa. Kebutuhan orang memang berbeda-beda, jadi silakan tentukan barang apa saja yang wajib Yay Atu bawa saat liburan.

Pakaian ganti, dompet, dan smartphone itu pasti. Nah, barang-barang lainnya seperti obat-obatan dan jaket, jangan sampai lupa, ya!

  1. Dokumentasi

persiapan-liburan
sumber: pixabay.com

Sayang banget kan kalau kita liburan tapi gak didokumentasikan. Tempat-tempat indah dan unik, makanan enak, dan lain-lain perlu banget kita abadikan. Jadi, jangan sampai lupa untuk bawa smartphone atau kamera, Yay Atu!

  1. Periksa secara keseluruhan

Sudah hampir selesai, nih. Setelah membaca berbagai tips persiapan liburan di atas, pastikan Yay Atu memeriksa persiapan secara keseluruhan. Supaya lebih matang, jangan lupa dicatat ya!

  1. Berdoa

Yups, tips yang terakhir adalah berdoa. Selama liburan, tubuh kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru, tempat baru, makanan baru, dan lain-lain. Jadi, jangan lupa berdoa, minta sama Allah agar diberi kesehatan dan kelancaran selama perjalanan. Aamiiin.

Sekian dulu tips persiapan liburan dari Lampung, Palembang, sampai ke Bangka Belitung dari saya. Ditunggu tambahan tips dari Yay Atu, yaaa. Nanti, akan saya ceritakan lebih detail perjalanan selama di sana. Semoga gak bosan hehe.

 

8 Replies to “8 Tips Persiapan Liburan dari Lampung – Palembang – Bangka Belitung”

  1. Wah Wah Wah.. Nona luar biasa, bisa menikmati liburan lampung palembang dan bangka belitung sendirian. tipsnya boleh di terapkan nih.

  2. Emm setuju banget nih bahwa saat mau liburan memang harus melalui perencanaan yang matang. Dari niat, persiapan biaya, dana, tiket, tujuan. Juga dokumentasi. Dan yang paling seru kalau ada tiket promo gitu seperti dari pegipegi hehe..

  3. Suka sama quotenya.. liburan tipis nggak bikin dompet tipis. Hehe.

    Point pertama kadang sering tak tinggalin pas mau jalan2. Niatnya gak lurus ujung2nya banyaj chaos juga.

    Preparation itu emang hal yang penting banget. Makasih ya mbak tipsnya sangat membantu.

  4. Saya kalau bepergian paling seneng Naik kereta, nanti searching dulu ke lokasi tujuan bisa pakai kereta apa enggak, soalnya nyaman Aja sih Naik kereta. Jadi Pingin liburan lagi rasanya padahal baru kemarin ambil cuti hehe

Comments are closed.