Deretan Souvenir Unik Indonesia yang Sayang untuk Dilewatkan!


Lifestyle, Travel / Minggu, Juli 28th, 2019

Tinggal di negara yang penuh dengan keberagaman membuat Indonesia menyimpan banyak sekali kebudayaan dan juga kekayaan alam. Diberkahi dengan negara yang kaya akan keberagaman, kamu bisa mengabadikan momen kebersamaan dengan berfoto bersama. Namun ada pula cara lain untuk membuat sebuah jejak petualangan, yaitu dengan mengoleksi souvenir unik dari berbagai daerah.

Rekomendasi Souvenir Khas Indonesia

souvenir-murah-indonesia
source: www.videoblocks.com

Dengan keberagaman yang indah, Indonesia memiliki banyak sekali souvenir khas di setiap daerahnya. Keunikannya tak pernah membuat wisatawan bosan untuk terus mengoleksinya. Untuk itu, inilah beberapa rekomendasi souvenir unik yang bisa kamu dapatkan di setiap daerahnya!

Batu Mulia

batu-mulia-indonesia
source: indigomisteri.com

Jika kamu memiliki minat untuk mengoleksi batu mulia maka kamu bisa mengunjungi beberapa wilayah di Indonesia seperti Kalimantan, Banten, Halmahera, dan Pulau Rote.

Provinsi ini memiliki batu mulia terbaik dan menarik untuk dikoleksi. Setiap daerah memiliki jenis batu mulia yang berbeda. Kamu bisa berkunjung ke salah satu provinsi tersebut dan mencari batu mulia terbaik di daerah tersebut. Dengan keindahan batu mulia yang dimiliki, kamu tidak mungkin bisa menolak untuk membeli souvenir ini untuk dibawa kembali ke kampung halaman.

Bentuknya yang kecil dan indah membuatnya mudah dikreasikan dalam berbagai rupa souvenir, misalnya dijadikan sebuah gantungan kunci custom yang unik dan cantik untuk diberikan ke kolega bisnis atau relasi lainnya.

Wayang

souvenir-khas-indonesia
source: wayangjawisby.blogspot.com/

Wayang merupakan salah satu seni dalam adat Jawa dan Bali yang berbentuk pertunjukan bayangan boneka. Ada banyak jenis wayang, seperti wayang golek, wayang kulit, wayang klitik, dan masih banyak lagi. Setiap daerah memiliki khas wayang yang berbeda. Bahkan setiap tokohnya memiliki latar belakang dan makna yang berbeda.

Jika kamu ingin wayang dengan karakter tertentu, kamu dapat bertanya-tanya dengan penduduk sekitar. Ketika kamu sedang berkunjung ke wilayah di Pulau Jawa dan Bali, jangan lupa untuk membeli beberapa wayang sebelum pulang, ya.

Alat Musik Tradisional

sasando-nusa-tenggara-barat
source: interaktif.kompas.id

Selain wayang, kamu juga bisa membawa pulang alat musik tradisional yang tidak dimiliki oleh kampung halaman sebagai souvenir. Ada beberapa alat musik khas yang bisa dibawa pulang, seperti Angklung (Jawa Barat), Panting (Kalimantan Selatan), dan Sasando (Nusa Tenggara Timur).

Ketiga alat musik ini terbuat dari bambu sehingga mudah dan ringan dibawa. Dimensinya juga tidak terlalu besar jadi kamu tidak perlu repot-repot memasukkannya dalam bagasi khusus. Alat musik ini bisa dijadikan sebuah pajangan atau kamu mainkan ketika sampai rumah nanti.

Kain

souvenir-tapis-lampung
source: indonesiakaya.com

Ingin mencari souvenir yang mudah dan sederhana? Kain adalah jawabannya. Percaya tidak percaya, Indonesia adalah surga untuk kolektor kain. Misalnya saja saat kamu berkunjung ke medan, ada Ulos yang merupakan kain khas Batak. Ketika kamu berkunjung ke Padang, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan atau Lampung, kamu bisa membeli Songket. Saat kamu berkunjung ke Pulau Jawa, pasti bisa membeli kain Batik dengan berbagai macam model.

Kain juga bisa dibentuk menjadi pelengkap souvenir lainnya. Contohnya, di era teknologi sekarang dimana banyak orang menggunakan gadget, bahan kain bisa digunakan sebagai cover untuk souvenir powerbank seperti yang bisa kamu dapatkan di sini.

Selain kain, kamu juga bisa membeli tenun yang terbuat dari serat kayu, kapas, sutra dan lain-lainnya. Contohnya seperti tenun khas Desa Sade, Lombok Utara. Kain ini ditenun sendiri oleh masyarakat setempat. Perpaduan warnanya sangat indah sehingga dapat dipadukan dengan baju basic apa saja.

Itulah deretan souvenir unik khas Indonesia. Dari beberapa deretan di atas, manakah yang menjadi favorit kamu?

*disclaimer: Artikel ini merupakan artikel promosi yang bisa menjadi pilihan pembaca untuk mendapatkan souvenir yang diinginkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *