Ini Dia 7 Peluang Bisnis Menjanjikan Untuk Mahasiswa


Lifestyle / Kamis, Juli 25th, 2019

DESY LISTHIANA A – Tabik Pun… Yay Atu yang masih jadi mahasiswa? Pernah gak merasa kesulitan biaya dan ingin mencari sumber pemasukan? Nah, di artikel ini saya ingin membagi informasi tentang 7 peluang bisnis untuk mahasiswa.

Menjadi mahasiswa aktif yang hampir setiap hari kuliah bukan berarti menghentikan kegiatan lain yang dapat mengeleksplor ide dan menambah pengalaman. Kamu bisa mengikuti banyak komunitas tertentu untuk menambah kenalan, bahkan bisa pula membuka bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa dan berpeluang menambah uang sakumu.

Bukankah menyenangkan saat bisa menghasilkan uang sendiri, jajan dan memenuhi kebutuhan dari hasil jeri payah sendiri? Makanya, yuk coba berbisnis. Berikut ini 7 peluang bisnis menjanjikan yang pas untuk mahasiswa dan bisa kamu coba:

  1. Membuka Jasa Penerjemah, Les dan Bimbel
peluang-bisnis-mahasiswa
Bimbel Bandarlampung

Peluang bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah membuka kasa penerjemah, les, maupun bimbel. Punya keahlian bahasa asing? Jika ya, bagaimana jika mengasah kemampuan kamu dengan membuka jasa penerjemahan?

Kamu juga bisa membuka les dan bimbel, dimana bidang mengajar ini bisa dilakukan oleh mahasiswa dari semua jurusan. Yang penting, kamu berani mencoba.

Membuka usaha les maupun bimbel tidak berarti kamu harus memiliki modal untuk membangun tempat. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil, seperti mengajak teman-teman kamu dari ragam jurusan untuk membuka les private bersama, memberikan komunitasmu sebuah nama, lalu menyebarkan informasi jasa les private ke sekolah-sekolah atau menyebarkan via online. Sederhana bukan?

Dari langkah kecil ini, bukan hal yang tidak mungkin kamu dan teman-temanmu bisa membangun sebuah tempat kursus bersama. Menarik kan?

  1. Membuka Jasa Desain Grafis, Fotografer dan Video Creator
peluang-bisnis-mahasiswa
source: straight.com

Keahlian desain grafis, foto hingga membuat video tidak hanya dimiliki oleh mereka yang mengambil jurusan senada. Terkadang keahlian itu hadir secara otodidak dari apa yang kamu lihat dan kamu coba. Apakah kamu salah satunya?

Jika ya, bagaimana jika membuka jasa desain grafis, fotografer serta video creator? Contohnya seperti membuka jasa desain CV yang bisa kamu awali dengan teman-temanmu sebagai customernya, serta bentuk karya lainnya.

  1. Menjadi Youtuber atau Blogger
peluang-bisnis-untuk-mahasiswa
source: practicalwanderlust.com

Dari pada update status gak jelas di intagram atau facebook, mendingan sekalian jadi youtuber atau blogger. Bagi kamu yang suka jalan-jalan, kamu bisa isi konten youtube dan blog kamu mengenai tempat-tempat wisata serta kuliner yang recommended di lokasi tertentu.

Kamu juga bisa mengisi konten youtube dan blog kamu tentang dunia pendidikan, tips menggunakan make-up, serta konten lainnya sesuai passion kamu.

Bukankah menyenangkan saat menghasilkan uang dari hobi dan hal yang disukai?

  1. Menjadi Makeup Artist

Kamu senang berdandan? Sering update info make-up trend terbaru? Bagaimana jika menjadi make-up artist? Kamu bisa banyak mengikuti event tertentu yang berhubungan dengan make-up untuk menambah pengetahuan kamu.

Cara promosikan bisa dimulai dengan menjadikan temanmu customer dan memintanya memberikan testimoni sekaligus memberi masukan buat kamu.

Tantangannya, kamu mesti benar-benar menguasai, karena ini terkait masalah kesehatan dan kecantikan, sehingga tidak bisa sembarangan. Kamu juga mesti mengenal banyak produk skincare dan kosmetik, kandungannya, kegunaannya, dan efektifitasnya, sehingga kamu bisa merekomendasikan ke pelanggan kamu produk yang paling sesuai.

Misalnya untuk kulit berminyak, tentu pengunaan bedak yang direkomendasikan haruslah bedak yang cocok untuk kulit berminyak, menggunakan bahan alami yang efektif menyerap minyak tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan.

  1. Membuka Jasa Perbaikan Alat Elektronik

Jika kamu memiliki keahlian dibidang elektronik atau mesin, kamu bisa mencoba berbisnis dengan membuka jasa yang senada dengan keahlian kamu. Biasanya mahasiswa memiliki problem dengan laptop dan printernya, yang tentunya menjadi peluang menjanjikan jika kamu memilik ilmu di bidang yang sama.

  1. Berbisnis Kuliner
kuliner-lampung
doc. pribadi

Suka memasak? Atau, senang hunting makanan? Jika ya, kamu bisa mencoba membuka bisnis kuliner di sekitar kampus. Kamu dapat memulainya dari hal-hal kecil seperti menitipkan makanan kamu di kantin, atau membuka stand di event tertentu. Biasanya, kampus memiliki ragam acara yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan makanan maupun minuman.

  1. Berbisnis Online

Peluang bisnis lainnya yang sudah banyak contoh kesuksesannya adalah berbisnis online. Jenis bisnis yang satu ini sangat fleksibel bagi mahasiswa sehingga tidak akan menggangu jam kuliah.

Kamu bisa berbisnis baju, tas, bunga wisuda serta hadiah wisuda lainnya. Kamu juga bisa menjual buku baik offline maupun online karena dunia mahasiswa tentu tidak lepas dari buku bacaan. Dengan demikian jenis bisnis tersebut akan cukup menjanjikan.

Jika tidak paham harus memulai dari mana, tinggal Googling aja, banyak kok tutorial dan tips bisnis online dengan modal minim dan waktu yang fleksibel, baik berupa blog atau video di Youtube. Banyak loh pendiri digital agency Indonesia itu tadinya memulai dari bisnis online yang kemudian sukses dan berkembang.

Selain ke 7 peluang bisnis bagi mahasiswa di atas, kamu juga bisa mencoba bisnis lain seperti membuka jasa web desain, jasa pemandu wisata bersama teman-teman kamu serta ragam jenis bisnis lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan passion kamu. Tetapi, pastikan bahwa hal tersebut tidak menggangu kegiatan inti dan profesi kamu sebagai mahasiswa.

Gimana Yay Atu? Sudah menemukan peluang bisnis yang cocok untukmu? Atau ada tambahan ide bisnis untuk mahasiswa lagi? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *