Mata Kering Hambat Aktivitas? Pakai Saja Insto Dry Eyes


Blogging, Healthy & Beauty, Lifestyle / Rabu, Juli 31st, 2019

Bye Mata Kering! – Mata adalah salah satu organ yang patut kita jaga. Keberadaan mata sangat penting untuk kehidupan kita. Saya tidak bisa membayangkan jika salah satu indra ini tidak ada atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ada beberapa kerabat saya yang memiliki permasalahan dengan matanya sehingga mereka kehilangan penglihatan.

Masalah mata mereka antara lain kerusakan kornea mata, glukoma karena penyakit diabetes, dan kerusakan saraf mata. Bukan perkara mudah untuk menyembuhkan ketiga masalah mata tersebut. Bahkan, untuk kerusakan saraf mata, hampir tidak bisa disembuhkan karena terlalu sulit untuk ditangani.

Jujur, saya sangat takut melihat saudara-saudara dekat saya mengalami masalah mata. Sehingga saya sangat berhati-hati dan berusaha untuk menjaga kesehatan mata.

Terlebih ketika kegiatan saya saat ini dikelilingi oleh gadget dan internet. Dua hal yang rasanya tak bisa dilepaskan dari kehidupan. Baik untuk komunikasi, bersosialisasi, bahkan sebagai alat untuk mencari sumber rezeki.

Salah satu cara saya menjaga mata adalah mengantisipasi gejala awal mata kering, seperti mata sepet, mata pegel, dan mata perih. Gejala-gejala tersebut timbul ketika mata kita terlalu lelah.

Gejala Mata Kering

Pada dasarnya mata kita diciptakan dengan ‘pelumas’ yang akan menjaga kelembapan mata secara alami, yakni berupa air mata. Maka terkadang, kita perlu menangis lho, karena air mata akan melembapkan mata kita.

“Jadi, menangis karena galau ada keuntungannya juga, ya?”

“Hmm… kzl!”

Nah, kalau mata kita kehilangan kelembapan, maka yang terjadi selanjutnya adalah kondisi mata kering. Seperti yang sudah saya singgung di atas, gejala mata kering sebenarnya sering kita rasakan. Tetapi acapkali malah sering diabaikan.

  1. Mata Sepet

Gejala mata kering yang pertama adalah mata sepet. Mata sepet biasanya terjadi karena terlalu banyak menatap layar gadget, boleh jadi karena radiasinya.

Mata sepet akan sangat mengganggu aktivitas kita. Maka jangan biarkan mata kita mengalami gejala awal mata kering.

  1. Mata Pegel

Mata pegel juga merupakan gejala awal mata kering. Hampir sama dengan sebelumnya, mata pegel biasanya terjadi ketika kita terlalu lama menatap layar komputer, terlalu lama membaca, dan lain-lain.

Saya termasuk sering merasakan gejala ini. Alhasil, mata sering berkedip karena lelah. Ganggu banget! Apalagi ketika banyak artikel yang harus ditulis hari itu.

Pekerjaan jadi terhambat, deh. Dan aktivitas lainnya jadi terbatas.

  1. Mata Perih

Gejala mata kering lainnya yaitu mata perih. Pernah gak, Teman-teman merasa ada sesuatu yang mengganjal mata kita? Sangat mengganggu, bukan? Secara refleks kita akan mengucek mata.

Harapannya sih, sesuatu yang mengganggu itu akan hilang. Eh, ternyata malah membuat mata kita jadi perih.

Mata perih bisa jadi disebabkan karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Mata kehilangan kelembapan dan akhirnya timbul perih di mata.

Nah, bagaimana? Apakah Teman-teman sering mengalami mata sepet, mata pegel, dan mata perih? Perlu diingat, bahwa semua itu gejala mata kering, ya.

Penyebab Mata Kering

bye-mata-keringAda banyak faktor yang membuat mata kering. Gak disangka, kegiatan kita sehari-hari sering menjadi pemicu utama mata kita hilang kelembapannya.

Lalu, apa saja sih penyebab mata kering? Yuk, sama-sama kita bahas.

  1. Terlalu lama menggunakan gadget

Penyebab mata kering yang pertama adalah gadget. Saya adalah salah satu orang yang sulit lepas dari gadget. Bagaimana tidak, kegiatan sehari-hari saya selalu ditemani smartphone, laptop, dan televisi. Seringkali saya menjadi lupa waktu jika sudah menggunakan gadget.

Awalnya, gadget digunakan untuk komunikasi, kemudian mencari informasi, mencari bahan artikel, hingga nonton film yang lagi hits. Satu jam, dua jam, dan seterusnya sampai tiba-tiba mata terasa pegal.

Selain tak baik untuk kesehatan mata, terlalu lama menggunakan gadget juga bisa menghambat aktivitas lainnya.

Misal, karena terlalu lama kepoin instagram mantan, kita sampai lupa ngerjain tugas kuliah. Hmmm…

  1. Aktivitas di luar ruangan

Jika kita beraktivitas di luar ruangan, kita pasti bertemu dengan debu dan polusi jalanan. Tak terasa, debu dan polusi membuat mata kita kotor dan gatal.

Akhirnya, mengucek mata seolah menjadi solusi. Padahal, mengucek mata itu bahaya, Pemirsaaahh. Maka sebaiknya, gunakan pelindung. Misal kaca mata dan helm ketika sedang motoran.

  1. Aktivitas di dalam ruangan

Bukan hanya aktivitas luar ruangan, aktivitas dalam ruangan juga bisa menyebabkan mata kita kering. Terutama berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama.

Maka solusinya adalah gunakan cairan tetes mata guna mengembalikan kelembapan mata kita.

6 Solusi Mata Kering

insto-dry-eyes-bye-mata-kering

  1. Mata perlu istirahat

Seperti organ tubuh lainnya, mata juga membutuhkan istirahat. Mengistirahatkan mata bukan berarti harus tidur yah. Kita bisa membuat mata lebih rileks dengan cara berkedip, memejamkan mata sebentar, atau dengan melihat pemandangan yang hijau dan segar.

  1. Gunakan pelindung mata

Seperti yang sudah dibahas di atas, ketika berada di luar ruangan gunakanlah pelindung mata seperti kaca mata, topi, ataupun helm.

  1. Perbaiki nutrisi

Banyak sekali buah dan sayur yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mata. Maka perbanyak makan buah dan sayur agar mata lebih sehat, terhidrasi, dan terhindar dari gejala mata kering.

  1. Kurangi radiasi

Menatap layar laptop, smartphone, atau televisi akan membuat mata lebih cepat lelah. Ada baiknya kita kurangi intensitas menggunakan gadget. Atau paling tidak, aktifkan proteksi di gadget untuk mengurangi radiasi.

  1. Gunakan cairan tetes mata seperlunya

Solusi selanjutnya untuk mengatasi mata kering adalah menggunakan cairan tetes mata. Cairan tetes mata berfungsi untuk mengatasi gejala mata kering, meringankan iritasi pada mata, dan bisa juga menjadi pelumas mata palsu.

Salah satu cairan tetes mata yang sudah teruji dan terpercaya di Indonesia adalah Insto Dry Eyes. Variasi Insto ini dapat membantu meringankan gejala mata kering, seperti mata sepet, mata pegel, dan mata perih.

  1. Periksa ke dokter mata

Jika 5 solusi di atas belum bisa meringankan keluhan mata kering, sebaiknya Teman-teman langsung datang memeriksakannya ke dokter mata.

Dokter akan memberi solusi terbaik untuk mata kita. Jangan sampai terjadi apa-apa dengan mata kita. Karena menjaga kesehatan mata adalah kewajiban kita, sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Mengapa Insto Dry Eyes?

insto-dry-eyes

Ketika mengalami gejala awal mata kering, seperti mata sepet, pegel, dan perih, sebagian dari kita pasti teringat Insto. Insto sudah lama menemani dan dipercaya masyarakat Indonesia. Selain itu, Insto Dry Eyes juga aman digunakan karena Insto Dry Eyes sudah terdaftar di BPOM.

Saat ini, terdapat varian baru dari Insto khusus untuk mata kering. Insto Dre Eyes berfungsi sebagai air mata buatan yang akan mengatasi gejala awal mata kering dan mengembalikan kelembapan mata.

4 Keunggulan Dan Manfaat Insto Dry Eyes

Sebagai cairan tetes mata, Insto Dry Eyes memiliki keunggulan dan manfaat yang akan membantu kita mengatasi mata kering.

  1. Memiliki bahan aktif untuk membunuh bakteri
  2. Harga terjangkau

Harga Insto Dry Eyes juga sangat terjangkau. Berdasarkan survey saya, di beberapa apotek dekat rumah, harga Insto Dry Eyes berkisar antara Rp13.000 hingga Rp15.000 saja

  1. Mudah didapat

Insto Dry Eyes sangat mudah di dapat, baik di apotek maupun toko-toko retail.

  1. Mudah dibawa ke mana-mana

Kemasannya yang kecil, sangat praktis dan mudah dibawa kemanapun. Misal, ke kampus, ke tempat kerja, bahkan saat travelling.

Dengan segala manfaat dan keunggulan yang dimiliki Insto Dry Eyes, maka tak ada lagi aktivitas yang terhambat karena mata kering.

Selamat beraktivitas! Bye Mata Kering!

Disclaimer: artikel ini diikutsertakan dalam Insto Dry Eyes Blog Competition bertema Bye Mata Kering, namun seluruh isi dan cerita adalah murni pengalaman pribadi penulis. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi solusi untuk Anda.

Sumber:

Foto: Desy Listhiana

Video: YouTube Insto Indonesia

4 Replies to “Mata Kering Hambat Aktivitas? Pakai Saja Insto Dry Eyes”

  1. Hmmmmmmm ini saya banget, kerjaannya mantengin komputer ditambah hembusan AC. Belum lagi dari rumah ke kantor naik motor, mata sering kena debu, asap kendaraan, kadang hewan kecil terbang ke mata… Jadilah kena sindrom mata kering

  2. Wahh iya nih dengan seringnya banyak aktivitas dan kegiatan membuat mata lelah dan kemerah merahan, jadi inget insto, selalu ak bawa setiap mau berpergian, biar mata bisa menjadi segar kembali dan bisa melakukan aktivitas tanpa khawatir terganggu eheheh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *