Healthy & Beauty Lifestyle

Bahan Alami yang Cocok untuk Merawat Kulit Kombinasi

lemon-untuk-kulit-kombinasi

DESY LISTHIANA – Punya jenis kulit kombinasi membuat saya agak kesulitan menemukan produk yang cocok untuk dipakai sehari-hari.

Kulit kombinasi artinya kulit wajah yang punya dua jenis kulit, yaitu kulit berminyak di bagian T (kening, hidung, dan dagu) dan kulit yang cenderung kering di bagian pipi sampai rahang.

Dua jenis kulit ini perlu dijaga secara bersamaan. Jika salah pakai produk, kulit bisa jadi tambah berminyak atau malah jadi kering banget.

Produk Apa yang Cocok untuk Kulit Kombinasi?

merawat-kulit-kombinasi
Pexels.com/Anna Shvets

Saya termasuk orang yang gak terlalu peduli dengan perawatan kulit. Bahkan saya baru tahu kalau saya punya kulit kombinasi ketika sudah kuliah hahaha (sebegitu gak pedulinya).

Ketika tahu bahwa kulit saya adalah kulit kombinasi, saya mulai cari-cari referensi untuk menemukan produk apa yang cocok untuk kulit saya. Ada satu produk yang hasilnya ‘lumayan’ menurut saya. Tapi gak bisa dibilang cocok banget, ya.

Produk yang cocok untuk kulit kombinasi menurut saya adalah produk yang bisa menurunkan kadar minyak tapi juga memiliki kandungan untuk menghidrasi kulit.

Jadi, kadar minyak di kulit bagian T berkurang, tapi tetap melembabkan kulit terutama bagian pipi yang cenderung kering.

Treatment Penting untuk Kulit Kombinasi

cara-mengatasi-masalah-jerawat
source: flo.health

Pemilihan produk yang cocok untuk kulit kombinasi itu memang penting. Tapi… ada yang gak kalah penting, yaitu treatment atau langkah-langkah perawatannya.

Misalnya membasuh wajah dengan air hangat, memakai toner, melakukan eksfoliasi (menghilangkan sel-sel kulit mati), hingga memakai tabir surya.

Jika ada Teman-teman yang kesulitan menentukan produk atau tidak tahu treatment yang tepat untuk jenis kulit masing-masing, bisa konsultasi dengan para dokter kecantikan, ya.

Untuk Teman-teman yang berdomisili di Tangerang Selatan (khususnya), bisa banget nih konsultasi langsung ke Gloskin Aesthetic Clinic Gading Serpong. Gloskin Aestethic sudah dikenal memiliki dokter ahli kecantikan dan tim yang profesional.

Atau kalau gak mau keluar rumah, Teman-teman bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional lewat aplikasi Halodoc.

Halodoc bisa diakses melalui websitenya. Bisa juga download aplikasinya di play store. Aksesnya sangat mudah dan gak perlu keluar rumah.

Di aplikasi Halodoc, kita bisa memilih dokter yang sesuai dengan keluhan kita. Responnya juga cepat. Selain berkonsultasi, kita juga bisa beli obat, pemeriksaan laboratorium, bahkan bisa langsung dapat akses perlindungan kesehatan.

InsyaAllah layanannya lengkap dan menjawab kebutuhan kita.

2 Bahan Alami yang Saya Pakai untuk Kulit Kombinasi

manfaat-lemon-untuk-kulit-kombinasi
Pexels.com/Daria Shevtsova

Jujur, ya.. saya sih hampir putus asa mencari produk yang cocok untuk kulit kombinasi. Sekaligus cocok di kantong haha.

Sudah beberapa merek saya coba secara rutin. Ada yang hasilnya lumayan, tapi kebanyakan kurang cocok.

Saya gak berani untuk merekomendasikan ke Teman-teman yang punya kulit kombinasi, karena yang cocok di saya, belum tentu cocok di kulit Teman-teman.

Tapi, saya pengen merekomendasikan dua bahan alami yang beberapa waktu ini saya pakai. Selain alami, dua bahan ini juga sangat murah dan mudah di dapat.

Hasilnya? Sangattt membantu dan sangat bekerja di kulit wajah saya. Dua bahan alami yang saya pakai yaitu:

Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya sudah dikenal memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Terutama untuk mereka yang punya masalah jerawat.

Pengalaman saya setelah rutin pakai lidah buaya, saya merasa kulit (yang cenderung kering) sekarang jadi lebih lembab. Jadi kalau habis mandi, biasanya kulit wajah bakal kering dan gak nyaman. Nah, sekarang Alhamdulillah gak kering lagi.

Selain lebih lembab, ternyata lidah buaya juga efektif mengurangi rasa gatal. Terutama rasa gatal di bagian pipi bawah.

Lemon

Bahan ke dua yang rutin saya pakai adalah lemon. Kandungan lemon terbukti mampu mengurangi kadar minyak berlebih. Jadi cocok banget untuk kulit kombinasi. Biasanya saya pakai di bagian T yang cenderung berminyak.

Sudah hampir tiga minggu ini saya rutin pakai dua bahan alami tersebut.

Saya pakai lemon setiap pagi. Caranya: digosok perlahan ke wajah. Atau bisa juga diperas dan dioleskan air perasan lemonnya. Didiamkan sekitar 15 menit lalu bilas.

Untuk lidah buaya, saya pakai 2x sehari. Yaitu pagi (setelah pakai lemon) dan malam sebelum tidur. Caranya mudah, oleskan lidah buaya secara merata. Kemudian saya diamkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih.

Saat ini saya sedang berhenti pakai produk-produk untuk wajah, dari mulai facial wash, sunblock, sampai bedak. Sebisa mungkin, saya pengen memaksimalkan pakai yang alami aja.

Nah, itulah dua bahan alami yang saya pakai untuk kulit kombinasi. Semoga pengalaman dan cerita saya ini bisa bermanfaat untuk Teman-teman yang punya jenis kulit serupa, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *